Ini Olahraga yang Paling Aman Untuk Dilakukan Oleh Ibu Hamil

DokterSehat.Com – Ibu hamil tentu harus lebih berhati-hati dalam segala aktifitas yang Ia lakukan sehari-hari, termasuk dalam melakukan olahraga. Jika mereka memilih olahraga yang salah, dikhawatirkan kondisi kehamilannya bisa terganggu. Yang menjadi masalah adalah, andai ibu hamil juga tidak aktif melakukan aktifitas fisik dan terlalu sering tiduran, Ia juga akan beresiko tinggi terkena diabetes gestasional. Lantas, apakah ada olahraga yang aman untuk dilakukan oleh ibu hamil?

doktersehat-renang-kehamilan

Pakar kesehatan menyebutkan jika setidaknya ada beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan ibu hamil tanpa perlu was-was akan kondisi kehamilannya. Berikut adalah jenis olahraga tersebut.

Berenang
Berenang adalah olahraga terbaik bagi ibu hamil. Dengan rutin melakukan olahraga air ini, ibu hamil akan menurunkan tekanan pada punggung dan kaki yang terjadi karena perubahan bentuk dan berat badan selama fase kehamilan. Berenang juga bisa mengurangi stress yang kerap melanda ibu hamil karena olahraga ini memang cenderung asyik untuk dilakukan.

Berjalan kaki
Berjalan kaki di bawah hangatnya sinar matahari juga bisa menjadi olahraga yang tepat bagi ibu hamil. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa tak hanya baik untuk kesehatan tubuh dan kandungan, olahraga ini bisa menenangkan pikiran sekaligus menghilangkan stress.

Yoga
Tidak semua jenis yoga memang aman untuk dilakukan oleh ibu hamil. Namun, ada beberapa gerakan yoga yang sangat baik untuk dilakukan oleh ibu hamil dan bahkan membantu persiapan tubuh dalam menghadapi proses persalinan nantinya. Pilihlah kelas yoga yang memang dikhususkan bagi ibu hamil sehingga olahraga ini aman untuk dilakukan.

Bersepeda statis
Mengingat bersepeda di luar ruangan bisa berbahaya bagi ibu hamil, ada baiknya ibu hamil memilih menggunakan sepeda statis saja di dalam rumah. Dengan melakukannya, tubuh ibu hamil pun bisa menjadi lebih sehat.

Baca Juga:  Apakah Ibu Hamil Boleh Berpuasa?

Tenis
Dengan melakukan olahraga raket ini dengan santai, ibu hamil bisa menjaga kesehatan kehamilannya dengan baik.