Ini Mengapa Kepala Botak Seringkali Terlihat Licin

DokterSehat.Com– Jika kita cermati, kulit kepala pria yang sudah botak cenderung terlihat sangat licin. Hal ini tentu sangat berbeda dengan kulit kepala mereka yang tidak mengalami kebotakan namun mencukur habis rambutnya yang masih ada sisa akar rambut dengan warna kehitaman. Sebenarnya, apa sih penyebab dari licinnya kulit kepala botak ini?

doktersehat-rambut-rontok-botak-kebotakan-alopecia

Pakar kesehatan dr. Liza Widjaja M.Biomed, AAM, dari Beauty Medika menyebut kondisi kepala botak yang sampai terlihat licin sebagai epidermal keratinosin. Kondisi ini membuat folikel rambut yang sudah tidak mampu lagi menumbuhkan rambut berubah menjadi kulit kepala. Karena tidak ada lagi rambut yang akan tumbuh, maka folikel ini akan menutup dan akhirnya membuat kulit kepala sangat licin.

Ada banyak sekali faktor penyebab dari kebotakan pada manusia. Namun, bagi kaum pria yang mengalami pertambahan usia, maka biasanya Ia akan mengalami penurunan hormon testosteron dengan signifikan atau yang disebut sebagai dehidortestosteron. Hal ini akan menyebabkan inflamasi ringan dimana sel stem pada folikel rambut menjadi berukuran lebih kecil atau yang disebut sebagai miniaturisasi. Hal ini lah yang memicu kerontokan rambut dan kebotakan.

Kerontokan yang terjadi pada pria dan wanita ternyata berbeda. Biasanya, kerontokan rambut para pria aka dialami di bagian depan kepalanya terlebih dahulu dan kemudian berlanjut ke belakang. Setelahnya, folikel kulit kepala akan berubah menjadi sel kulit kepala yang membuatnya licin. Sementara itu, kebotakan atau kerontokan pada wanita biasanya terjadi pada bagian atas tengah kepala dan seringkali hanya berupa penipisan rambut.