Ini Manfaatnya Jika Kita Rutin Berjalan Kaki 30 Menit Setiap Hari

DokterSehat.Com – Salah satu latihan fisik yang paling mudah untuk dilakukan adalah berjalan kaki. Sayangnya, banyak dari kita yang justru memilih untuk menggunakan kendaraan meskipun hanya bepergian di tempat yang dekat. Padahal, menurut pakar kesehatan, andai kita mau berjalan kaki selama 30 menit saja setiap hari, kita bisa mendapatkan berbagai manfaat kesehatan seperti sebagai berikut.



Mencegah stress dan membuat pikiran lebih tenang
Jika kita rutin berjalan kaki setiap hari dan melewati tempat terbuka layaknya taman, hutan, atau bahkan di tepi pantai, maka kita bisa membuat pikiran jauh lebih tenang. Sebuah penelitian yang dilakukan di Swedia bahkan menyebutkan bahwa dengan berjalan kaki 30 menit setiap hari, kita bisa meredakan stress yang bisa saja muncul karena masalah pekerjaan, masalah ekonomi, hubungan dengan orang lain, dan lain sebagainya.

Membantu pembakaran kalori dalam tubuh
Dengan rutin berjalan kaki, maka kita bisa membantu pembakaran kalori dan lemak yang selama ini menumpuk pada tubuh. Tak hanya itu, kadar gula dalam darah yang berperan besar dalam menyebabkan kegemukan ternyata juga bisa diturunkan. Dengan berjalan kaki selama 30 menit secara rutin, kita bisa membuat badan banyak bergerak dan hal ini akan membuat kita lebih mudah menurunkan berat badan. Badan pun akan jauh lebih sehat, bugar, dan ramping.

Membuat tidur lebih nyenyak
Sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal kesehatan berjudul American Journal of Epidemiology menyebutkan bahwa mereka yang rutin bergerak, termasuk berjalan kaki secara rutin, cenderung mampu mendapatkan waktu tidur yang berkualitas.

Membantu menghilangkan kebiasan ngemil di malam hari
Sebuah penelitian yang dilakukan di Brigham Young University di Provo, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa mereka yang rutin berjalan kaki ternayta cenderung memilih untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan mengenyangkan. Mereka pun akan terhindari dari kebiasaan ngemil di malam hari. Hal ini tentu akan membuat berat badan tetap terjaga.