Ini Manfaatnya Jika Kita Berbuka Dengan Kolak Pisang

DokterSehat.Com – Selain kurma, kolak pisang juga termasuk dalam makanan yang paling dicari untuk berbuka puasa. Tak hanya mudah untuk dibuat, kolak pisang yang enak ini juga bisa menghilangkan dahaga sekaligus mengenyangkan setelah kita berpuasa seharian. Selain itu, kolak pisang ternyata memiliki cukup banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan. Apa sajakah manfaat kesehatan dari kolak pisang ini?



Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kolak pisang ternyata memiliki berbagai macam nutrisi layaknya lemak, kalsium, mineral, karbohidrat, kalium, dan juga protein. Selain itu, kolak ternyata juga kaya akan kandungan asam folat yang ternyata bisa membantu perkembangan janin di dalam ibu hamil. Di dalam satu porsi kolak pisang, kita sudah bisa mendapatkan 800 hingga 1.000 kalori. Karena alasan inilah kolak pisang bisa cepat membuat kita kenyang saat berbuka. Hanya saja, karena tingginya kadar kalori di dalam kolak pisang, ada baiknya kita tidak mengkonsumsinya dengan berlebihan,

Kandungan kalium yang ada di dalam kolak pisang ternyata bisa membantu kita menurunkan tekanan darah sehingga akan sangat cocok dikonsumsi oleh mereka yang menderita masalah hipertensi. Tak hanya itu, kolak pisang ternyata juga bisa membantu mengobati mereka yang menderita masalah maag. Sebagai informasi, jika penderita maag asal-asalan mengkonsumsi hidangan berbuka, bisa jadi masalah kesehatan ini akan muncul dan membuat perut tidak nyaman.

Kolak pisang ternyata juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh mereka yang menderita anemia. Hal ini disebabkan oleh adanya nutrisi di dalam pisang yang bisa merangsang produksi hemoglobin dalam darah sehingga bisa mengatasi anemia. Tak hanya itu, mengkonsumsi kolak pisang yang kaya serat saat berbuka puasa juga akan mencegah datangnya sembelit, penyakit yang kerap muncul saat bulan puasa tiba.

Melihat betapa banyaknya manfaat yang ditawarkan oleh kolak pisang ini, kita tentu tidak perlu ragu untuk mengkonsumsi makanan manis dan mengenyangkan ini saat berbuka puasa.