Ini Manfaatnya Jika Ayah Mau Membacakan Buku Bagi si Kecil

DokterSehat.Com – Banyak ayah yang cenderung malas untuk membacakan buku bagi buah hatinya karena menganggap jika hal ini seharusnya menjadi tugas istrinya. Padahal, menurut pakar kesehatan, pria yang membaca buku bersama anaknya bisa mendapatkan berbagai manfaat, baik itu untuk dirinya sendiri ataupun bagi buah hatinya. Apa sajakah manfaat tersebut?



Membaca buku saja ternyata sudah bisa membuat kita lebih berbahagia dan akan memiliki kesempatan hidup yang lebih lama. Menurut sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan hasilnya dalam Journal of Clinical Child and Teen Psychology diketahui bahwa ayah yang rajin membacakan buku ternyata bisa membuatnya menjadi ayah yang lebih baik bagi anak-anaknya. Tak hanya itu, andai mereka mau melakukannya saat anak belum memasuki masa sekolah, maka kemampuan mereka dalam mengasuh anak pun bisa meningkat dalam signifikan.

Penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan dari New York University Amerika Serikat ini memang sengaja mempelajari kebiasaan ayah dalam mengasuh anaknya, bukannya berfokus pada ibu seperti kebanyakan penelitian lainnya. Setidaknya, ada 126 ayah yang dilibatkan dalam penelitian ini dan para peneliti pun meminta mereka untuk mendiskusikan video yang berisi seorang ayah yang membacakan buku bagi anaknya. Setelahnya, mereka pun diminta untuk membacakan buku pada anaknya di rumah.

Setelah melakukannya selama 8 minggu, para peneliti kemudian mengecek nilai akademis anak dan hasilnya adalah, anak-anak pra-sekolah ini cenderung mengalami peningkatan 30 persen nilai setelah melakukan tes perkembangan bahasa dan kesiapannya dalam bersekolah. Sementara itu, untuk ayah sendiri, mereka juga mengalami peningkatan 30 persen dalam hal memperbaiki cara mengasuh anak layaknya dengan semakin rutin melakukan berbagai hal bersama dengan anak, kerap memberikan penghargaan pada anak, atau semakin jarang menghukum anak.

Baca Juga:  Orang Tua Sebaiknya Jangan Marah-Marah di Depan Anaknya

Dengan adanya fakta ini, ada baiknya memang ayah tak lagi malu untuk membacakan buku bagi anaknya karena memang bisa memberikan manfaat bagi dirinya dan buah hatinya.