Ini Manfaat Tak Terduga Dari Bermasturbasi

DokterSehat.Com – Sebuah studi terbaru yang dilakukan dengan meneliti data dari 5 ribu pria dan wanita dengan rentang usia 18 hingga 34 tahun menunjukkan fakta bahwa pria memang lebih suka melakukan masturbasi jika dibandingkan dengan wanita. Namun, yang tidak diduga adalah, persentase wanita yang melakukan masturbasi secara teratur ternyata cukup besar, yakni sekitar 83 persen dari total partisipan wanita. Sepertiga dari total wanita bahkan mengaku jika mereka bisa bermasturbasi beberapa kali dalam sepekan dan 12 persen lainnya mengaku jika mereka bisa melakukannya setiap hari. Angka ini hanya terpaut sedikit dari 94 persen pria yang mengaku jika mereka rutin melakukan masturbasi.

doktersehat-bentuk-payudara-wanita-seksi-seks-berenang

Selain mengetahui seberapa banyak partisipan yang bermasturbasi, pakar kesehatan juga mengungkapkan manfaat kesehatan tak terduga dari bermasturbasi. Apa sajakah manfaat kesehatan tersebut?

Mencegah berbagai macam penyakit
Pakar kesehatan menyebutkan jika kebiasaan bermasturbasi bisa mencegah kanker prostat dengan signifikan. Sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard Medical School menyebutkan jika pria dengan rentang usia 40 hingga 49 tahun yang melakukan ejakulasi sebanyak 21 kali atau lebih setiap bulannya akan menurunkan resiko terkena kanker prostat hingga 22 persen lebih rendah jika dibandingkan dengan mereka yang berejakulasi sekitar 4 hingga 7 kali saja. Bagi kaum hawa, rutin bermasturbasi juga bisa membantu menurunkan resiko infeksi saluran kemih.

Mengatasi rasa nyeri dan meredakan stress
Pakar kesehatan dr. Jordan Tishler berkata bahwa bermasturbasi bisa membuat tubuh melepaskan endorphin yang menimbulkan rasa tenang dan berbahagia. Kebiasaan ini bisa membuat mereka melepaskan stress dan bahkan membantu mengatasi gangguan tidur dan menurunkan rasa sakit yang disebabkan oleh menstruasi.

Sayangnya, dibalik menfaat kesehatan ini, pakar kesehatan menyebutkan jika bermasturbasi bisa memicu kecanduan dan jika dilakukan dengan jangka panjang, akan memicu kecemasan jika tidak melakukannya. Dalam beberapa kasus, masturbasi juga bisa menurunkan kenikmatan dan fungsi seksual seseorang.