Ini Manfaat Merendam Kaki di Air Hangat Saat Hamil

DokterSehat.Com – Salah satu masalah yang cukup sering dialami oleh para ibu hamil adalah pembengkakan pada kaki. Cukup banyak faktor yang menyebabkan munculnya masalah ini, dari kondisi tubuh ibu hamil yang memang cenderung mempertahankan lebih banyak cairan, adanya pembesaran pada perut yang membuat pembuluh darah yang menuju ke jantung tertekan sehingga aliran darah pun akan tertahan di bagian kaki, hingga faktor hormonal. Meskipun wajar terjadi, hal ini ternyata bisa membuat ibu hamil merasa tidak nyaman saat berjalan atau menggunakan alas kaki. Lantas, apa yang bisa ibu hamil lakukan untuk mengatasi ini?

doktersehat-rendam-kaki-dengan-garam

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada baiknya ibu rutin merendam kaki di air hangat saat hamil. Tak hanya membuat tubuh menjadi lebih nyaman, merendam kaki di air hangat saat hamil diyakini mampu mengatasi masalah kaki yang membengkak tersebut. Pakar kesehatan sendiri menyarankan ibu hamil untuk menggunakan air hangat yang sudah diberi campuran garam. Jika perlu, kita bisa memijat kaki dengan minyak jojoba, beberapa tetes jeruk, atau bahkan minyak jahe yang bisa mengatasi masalah pembengkakan ini dengan cepat sekaligus membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar.

Tak hanya dengan merendam kaki di air hangat saat hamil, pakar kesehatan juga menyarankan cara lainnya untuk mengatasi pembengkakan kaki ini. Mengingat pembengkakan ini juga terjadi karena adanya ketidakseimbangan kadar natrium dan juga air, maka ada baiknya ibu hamil memperbanyak asupan air minum. The Insitute of Medicine menyarankan ibu hamil untuk mengkonsumsi setidaknya 10 gelas air putih dalam sehari demi mencegah hal ini. Selain itu, ada baiknya ibu hamil juga menurunkan asupan garam dalam makanan agar kadar natrium dalam tubuh tidak berlebihan.