Ini Manfaat Menyikat Gigi Setelah Sarapan

DokterSehat.Com – Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, pakar kesehatan menyarankan kita untuk menyikat gigi secara rutin setidaknya dua kali dalam sehari. Salah satu waktu paling ideal untuk menyikat gigi ternyata adalah setelah sarapan pagi. Sayangnya, cukup banyak orang yang justru tidak melakukannya karena sudah diburu oleh waktu atau memilih untuk menyikat giginya saat mandi sebelum sarapan. Padahal, ada cukup banyak manfaat yang bisa kita dapatkan jika menyikat gigi setelah sarapan pagi seperti sebagai berikut.

doktersehat-sikat-gigi-pasta-odol

Pakar kesehatan drg. Ratu Mirah Afifah menyebutkan bahwa menyikat gigi setelah sarapan sangatlah penting untuk dilakukan. Dengan melakukannya, maka kita akan membersihkan berbagai sisa makanan yang tertinggal pada gigi setelah melakukan sarapan pagi. Jika kita tidak melakukannya, maka bakteri tentu akan menggerogoti sisa makanan tersebut dan bisa mengubahnya menjadi asam yang tidak baik bagi kesehatan gigi.

Banyak dari kita yang sarapan dengan makanan atau minuman yang manis sehingga tentu membuat bakteri bisa berkembang dengan cepat pada gigi andai kita tidak segera membersihkannya. Hal ini berarti, jika kita tidak menyikat gigi, ada kemungkinan kita justru bisa mengalami masalah bau mulut seharian yang tentu akan membuat kita tidak percaya diri.

Jika kita tidak menyikat gigi setelah sarapan pagi, akan ada cukup banyak makanan atau bahkan camilan yang masuk ke dalam mulut kita dalam waktu yang lama mengingat kebanyakan orang baru akan menyikat giginya kembali saat mandi sore atau bahkan saat malam hari sebelum tidur. Lamanya jeda antara waktu menyikat gigi ini tentu bisa membuat kita mengalami perkembangbiakan bakteri yang sangat cepat di dalam mulut sehingga kita pun akan beresiko lebih besar terkena masalah kesehatan gigi. Dengan menyikat gigi setelah sarapan, setidaknya kita bisa menjaga kesehatan gigi dengan lebih baik dan menurunkan resiko terkena sakit gigi.