Ini Manfaat Lain Menyusui : Menurunkan Risiko Diabetes

DokterSehat.Com – Banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari memberikan ASI eksklusif baik untuk ibu maupun untuk si buah hati. Manfaat yang sangat banyak ini bahkan mendorong pemerintah mengeluarkan undang-undang tentang pemberian ASI. Ibu-ibu yang baru melahirkan sangat dianjurkan untuk memberikan ASI pada buah hatinya. Studi terbaru di Canada mengungkapkan manfaat lain dari menyusui. Studi tersebut mengungkapkan bahwa menyusui dapat menurunkan risiko diabetes dari ibu yang menyusui dan keturunannya.

shutterstock_113110369 copy

Diabetes melitus atau yang sering kita kenal dengan istilah kencing manis merupakan penyakit jangka panjang yang ditandai dengan peningkatan kadar glukosa dalam darah. Sebagian besar kasus diabetes adalah diabetes tipe 2. Seseorang dengan diabetes tipe 2 memiliki kadar glukosa darah yang tinggi dikarenakan ketidakmampuan pankreas untuk memproduksi hormon insulin yang cukup.

Studi yang dilakukan tim dari Universitas Manitoba mengungkapkan hubungan menyusui dan angka diabetes tipe 2 di Canada. Dikutip dari sumber medscape, secara total mereka mempelajari 334553 kelahiran selama 24 tahun. Dari tersebut, 60.088 dari ibu yang berasal dari komunitas pribumi dimana angka diabetes saat kehamilan (diabetes gestasional) 2-3 kali lebih tinggi dibandingkan dari ibu non pribumi. Seperti yang diketahui diabetes gestasional berhubungan erat dengan risiko tinggi kejadian diabetes tipe 2 pada ibu dan keturunannya. Ibu yang menyusui tercatat pada 56% ibu pribumi dan 83% ibu non pribumi.

Menurunnya risiko diabetes

Studi tersebut mengemukakan bahwa menyusui dihubungkan dengan penurunan angka risiko diabetes tipe 2 sebanyak 14% pada ibu pribumi, menurunkan risiko sebanyak 23% pada ibu non pribumi. Lebih jauh lagi juga menurunkan risiko sebanyak 18% pada semua anak tanpa memandang etnis.
Mereka mengatakan bahwa hasil studi ini bebas dari faktor-faktor lain termasuk diabetes gestasional, tekanan darah tinggi saat kehamilan (hipertensi gestasional, pendapatan keluarga, lokasi tempat tinggal, usia ibu saat melahirkan dan berat lahir anak.

Baca Juga:  Melawan Radang Sendi Dengan Makanan Sehat

Hasil studi ini sudah dipresentasikan di Kongres Diabetes di Vancover, Canada. Namun demikan hasil studi ini masih harus direview lebih lanjut mengenai hasilnya. Terlepas dari itu, peran menyusui dan ASI tidak bisa digantikan karena manfaatnya yang begitu besar sehingga tetap sangat dianjurkan untuk diberikan pada buah hati terutama 6 bulan pertama kehidupan.

Sumber : Medscape