Ini Manfaat Kesehatan yang Bisa Didapatkan Andai Mengkonsumsi Tahu

DokterSehat.Com– Layaknya tempe, tahu juga terbuat dari bahan kedelai dan memiliki rasa yang nikmat. Sayangnya, kurang banyak orang yang mengapresiasi tahu layaknya tempe yang dianggap sebagai makanan yang murah, enak, dan memiliki kandungan gizi yang tinggi. Padahal, tahu juga bisa memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa sajakah manfaat tersebut?

doktersehat-tahu-putih-kukus-sehat-pencegah-kanker

Menjaga berat badan
Jika kita sedang dalam program diet, tahu ternyata bisa kita jadikan bahan makanan yang dikonsumsi secara rutin. Tak disangka, tahu yang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan sehat ini ternyata mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Selain itu, tahu juga kaya akan nutrisi yang bisa menjadi sumber energi sehingga kita pun tidak perlu khawatir akan merasa lesu andai menurunkan porsi makanan.

Menjaga kesehatan darah
Tahu ternyata kaya akan kandungan zat besi yang bisa membantu proses pembentukan sel darah merah dengan baik. Alhasil, kita pun tidak akan mudah terkena masalah anemia.

Menurunkan resiko terkena kanker
Tahukah anda jika rutin mengkonsumsi tahu bisa membuat kita menurunkan resiko kanker? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa di dalam tahu kita bisa menemukan kandungan isoflavon yang bisa mencegah kanker prostat dan kanker payudara. tak hanya itu, terdapat kandungan selenium yang memiliki antioksidan yang sangat tinggi dan mampu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Menjaga kesehatan kulit
Dengan mengkonsumsi tahu yang kaya akan vitamin, mineral, dan juga protein, maka otot-otot di sekitar kulit akan menjadi lebih kencang dan kulit pun akan terjaga kesehatan dan kecantikannya.

Mencegah menopause dini
Adanya kandungan isoflavon pada tahu ternyata bisa membantu wanita untuk mencegah menopause dini. Biasanya, menopause dini ini terjadi karena adanya ketidakseimbangan kadar hormon estrogen di dalam tubuh. Namun, adanya isoflavon ini bisa menjaga keseimbangan hormon tersebut. Di dalam tahu, kita juga bisa menemukan kandungan kalsium yang bisa membuat wanita terjaga kesehatan tulangnya hingga usia lanjut.