5 Manfaat Inisiasi Menyusui Dini (IMD) untuk Ibu dan Bayi

doktersehat-anak-bayi-ibu-sehat-senyum

DokterSehat.Com– Pada menit-menit pertama bayi lahir ke dunia, ia akan diletakkan di atas perut ibunya. Lalu, secara perlahan, ia merangkak sendiri mencari puting susu ibu. itulah IMD (Inisiasi Menyusui Dini).

Ya, IMD dilakukan segera oleh bayi saat baru lahir. IMD kini dipayakan dilakukan oleh berbagai fasilitas dan tenaga kesehatan karena IMD memiliki banyak manfaat.

IMD Banyak Manfaatnya!

Manfaat dari IMD tidak hanya untuk bayi namun juga untuk mendukung kondisi kesehatan ibu. IMD dianggap penting bahkan ada paraturan, yaitu PP No. 33 Tahun 2012, yang menganjurkan melakukan IMD sebagai bentuk pemberian ASI eksklusif untuk bayi.

Lalu, apa sajakah manfaat dari IMD? Menurut Kementerian Kesehatan RI dalam buku Buku Pedoman Gizi Seimbang untuk ibu dan bayi, beberapa manfaat dari IMD adalah:

1.Melatih keterampilan bayi untuk menyusui

Pada saat melakukan IMD, bayi merasa hangat karena menempel kulit ke kulit dengan ibu, bayi merasa nyaman dan melatih indara penciuman bayi dengan baik sehingga bayi dapat mencari puting melalui bau.

2.Meningkatkan daya tahan tubuh bayi

IMD akan membuat bayi memperoleh ASI kolostrum yang mengandung zat kekebalan tubuh sehingga dapat mencegah bayi mengalami diare atau alergi.

3.Mengurangi resiko bayi sakit saat baru lahir

Pada saat melakukan IMD bayi akan merasa hangat, pernafasan tenang, detak jantung bayi stabil dan juga bayi akan mendapatkan asupan makanan. Hal ini akan mecegah bayi mengalami hipotermi (suhu tubuh rendah) dan hipoglikemi (kadar gula darah rendah) saat baru lahir.

4.Mengurangi stress pada ibu dan bayi

IMD dapat merangsang hormon yang membuat ibu tenang dan membentuk ikatan awal ibu dan bayi. Bayi juga dapat merasakan hangat dan aman saat melakukan IMD.

5.Mengurangi perdarahan ibu

Saat bayi menghisap puting ibu, maka hormon oksitoksin akan keluar yang dapat membuat rahim berkontraksi sehingga dapat mengurangi pendarahan yang dialami ibu.

Dengan melakukan IMD, bayi akan terlatih dalam menyusui dan hal ini akan mendukung produksi ASI yang baik. Sehingga dengan melakukan IMD, kondisi kesehatan ibu dan bayi dapat terbentuk lebih optimal.