Ini Manfaat Dari Sarapan Gandum Utuh

DokterSehat.Com – Tak hanya orang dewasa, cukup banyak anak yang masih mengkonsumsi sarapan dengan kadar gizi yang rendah, yakni sekitar 44,6 persen dari total populasi. Padahal, menurut pakar kesehatan, sarapan dengan kadar gizi yang tinggi sangatlah penting bagi perkembangannya, hingga kecerdasan dan kemampuan dalam berkonsentrasi dan menyerap pelajaran di sekolah.

doktersehat-beras-padi-gandum

Alih-alih mengkonsumsi sarapan yang kurang bergizi layaknya hanya nasi dengan lauk protein atau juga tambahan karbohidrat saja, pakar kesehatan dan gizi Ece Durukan menyarankan kita untuk mengkonsumsi sarapan berupa gandum utuh. Gandum utuh sendiri adalah makanan yang terbuat dari bahan yang hanya mengalami pembuangan biji gandum dalam level yang sedikit. Gandum utuh bisa memberikan berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh layaknya vitamin B, vitamin E, dan juga serat.

Dengan mengkonsumsi gandum saat sarapan, maka kita bisa menurunkan asupan lemak yang terlalu banyak. Menurut Ece, konsumsi gandum akan membuat kita mendapatkan kadar gizi yang seimbang tanpa terlalu banyak lemak, kolesterol dan sodium. Sebaliknya, kandungan vitamin, mineral, dan juga serat yang kita konsumsi juga akan membuat kita lebih baik untuk berkonsentrasi dan fokus, menyelesaikan berbagai tugas, hingga aktif dalam berbagai kegiatan.

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih baik, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengkonsumsi gandum utuh yang dikombinasikan dengan susu dan buah. Hal ini bisa membuat sistem kekebalan tubuh meningkat sehingga kita pun tidak mudah terkena penyakit. Sebagai informasi, sebuah penelitian menunjukkan bahwa rutin mengkonsumsi sarapan gandum utuh bisa menurunkan resiko terkena obesitas hingga 30 persen.

Amerika Serikat sendiri merekomendasikan konsumsi gandum utuh 48 gram setiap harinya jika kita ingin menurunkan resiko terkena obesitas, diabetes tipe 2, dan juga berbagai penyakit kardiovaskular. Dengan adanya begitu banyak manfaat dari gandum utuh, apakah anda tertarik untuk rutin mengkonsumsinya mulai pagi ini?