Ini Manfaat dan Efek Samping Terapi Urin

DokterSehat.Com – Air seni atau urin adalah cairan yang memang dibuang oleh tubuh karena dianggap tidak lagi memberikan manfaat. Namun, baru-baru ini kita tentu mendengar adanya terapi urin yang dianggap mampu membuat tubuh kita terjaga kecantikannya. Hal ini tentu sangat mengejutkan mengingat masih banyak orang yang berpikir jika urin adalah hal yang menjijikkan, apalagi jika harus dioleskan pada kulit kita, bukan? Namun, dalam realitanya, kini semakin banyak orang yang mencoba melakukan terapi urin ini.

doktersehat-flek-hitam-wajah-sinar-UV-jerawat-komedo

Pakar kesehatan menyebutkan jika terapi urin ini ternyata sudah dikenal di dunia kecantikan semenjak berabad-abad silam. Sebagai contoh, ada sebuah dokumentasi yang menyebutkan jika terapi urin telah ada di India sejak lima ratus tahun silam. Tak hanya itu, pada abad pertengahan atau pada masa renaissance di Eropa, masyarakat dari kerajaan Romawi, Yunani, hingga Mesir purba juga sudah mencoba terapi urin sebagai cara untuk membuat penampilan mereka tetap cantik. Terapi urin juga diketahui pernah dikenal luas masyarakat Perancis pada abad ke 18 dan yang paling terkenal tentu saja adalah Madonna yang mengaku pernah melakukan terapi ini dan hingga kini tetap terjaga kecantikannya.

Terapi urin sendiri diyakini mampu membuat berbagai masalah kesehatan kulit layaknya jerawat, ruam-ruam, kulit kering, hingga eksim bisa teratasi. Tak hanya itu, terapi ini bisa membuat kulit terjaga keelastisitasan dan kekenyalannya. Untuk melakukan terapi urin ini, kita bisa melakukannya dengan mudah. Cukup gunakan urin yang pertama kali kita buang di pagi hari untuk membasuh wajah dan tubuh. Urin pertama di pagi hari diyakini memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak dan antibodi yang sangat baik bagi kesehatan kulit.

Baca Juga:  Apa itu Encok?

Pakar kesehatan Rachel Naarian, M.D dari Schweiger Dermatology Group bahkan menyebutkan jika sebenarnya terapi urin ini bukan hal yang baru dalam dunia kecantikan. Hal ini dikarenakan banyak produk perawatan kulit yang memakai bahan urea, komponen yang sebenarnya juga terkandung dalam urin kita.