Ini Lho yang Bikin Alpukat Bisa Mencegah Kita dari Berbagai Penyakit

buah-alpukat-doktersehat
Photo Credit: flickr/ Kjokkenutstyr Net

DokterSehat.Com– Kita tentu mengetahui bahwa buah dan sayur memiliki banyak vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh. Berbagai jenis zat gizi yang terdapat di banyak buah tentu juga ada pada buah alpukat. Buah yang umumnya kita olah sebagai jus ini ternyata mempunyai kandungan yang berbeda dari buah lain yang menyebabkan alpukat efektif dalam mencegah terjadinya berbagai penyakit pada tubuh.

Kandungan yang berbeda pada buah alpukat adalah kandungan natrium dan kaliumnya. Pada buah alpukat perbandingan kandungan kalium dan natriumnya cukup baik yaitu tinggi kalium dan rendah natrium. Hal ini umumnya tidak banyak ada di buah yang cukup banyak kita konsumsi seperti apel, jeruk atau stroberi. Perbandingan yang baik pada buah alpukat ini memberi manfaat pula untuk tubuh kita.

Kalium yang tinggi dan natrium yang rendah menyebabkan kondisi tubuh kita menjadi basa. Sehingga saat mengonsumsi alpukat kondisi keasaaman yang rendah pada tubuh kita dapat mencegah terjadinya berbagai penyakit. Penyakit yang dapat dicegah seperti alergi, gangguan pernafasan dan pencernaan. Kandungan kalium pada 100 gram alpukat adalah sebesar 503 mg potassium. Angka tersebut dapat memenuhi hampir ¼ dari kebutuhan kalium orang dewasa dalam satu hari. Kandungan kalium yang tinggi ini mampu mengatur tekanan darah. Dengan tekanan darah yang lebih teratur maka dapat mencegah terjadinya penyakit seperti hipertensi atau penyakit jantung.

Alpukat juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi hal ini akan meningkatkan imunitas tubuh sehingga tubuh memiliki daya tahan tubuh yang baik dan mampu mencegah datangnya penyakit.

Alpukat terbukti memiliki banyak manfaat khususnya dari kandungan vitamin dan mineral yang mampu mencegah tubuh kita dari berbagai penyakit. Namun perlu diingat, karena kandungan lemak yang tinggi pada alpukat, jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya, ya!