Ini Lho Gizi yang Penting untuk Pembentukan Otak Janin

doktersehat-kehamilan-hamil

DokterSehat.Com– Masa hamil merupakan masa pembentukan dan persiapan anak sejak janin. Pembentukan organ tubuh dimulai pada masa kehamilan. Pembentukan organ tubuh yang sangat vital yaitu otak dan sumsum tulang belakang dimulai pada masa-masa awal kehamilan. Sehingga penting bagi ibu untuk memenuhi zat gizi yang digunakan sebagai bahan baku pembentukan organ otak dan sumsum tulang belakang janin.

Pembentukan otak dan sumsum tulang belakang janin membutuhkan zat gizi yaitu asam folat. Asam folat menjadi satu dari lima zat gizi yang disebutkan Kementerian Kesehatan RI harus dipenuhi oleh ibu hamil selama masa kehamilan. Ibu hamil yang tidak terpenuhi kebutuhan asam folatnya akan meningkatkan resiko terjadinya kegagalan pembentukan organ-organ vital pada janin. Sehingga kebutuhan asam folat ibu saat hamil harus dipenuhi untuk mendukung pembentukan organ vital yautu otak dan sumsum tulang belakang janin.

Asam folat merupakan bahan baku yang penting dalam pembentukan otak dan sumsum tulang belakang janin. Pembentukan otak dan sumsum tulang janin ini merupakan pembentukan organ awal yang akan mendasari pembentukan organ yang lain. Maka dari itu asupan asam folat bagi ibu hamil selalu dianjurkan sudah disiapkan sebelum kehamilan terjadi. Pembentukan otak dan sumsum tulang belakang yang sempurna akan mendukung pembentukan organ vital lain, seperti jantung, organ pencernaan, paru-paru dan lainnya, dengan baik pula.

Asam folat tentu diperoleh dari pemilihan bahan makanan yang tepat. Pada ibu hamil kebutuhan asam folatnya bertambah 200 mikrogram setiap harinya. Asam folat umumnya ada secara luas pada bahan makanan. Namun utamanya asam folat ada pada sayuran berdaun hijau, hati ayam dan atau sapi, serta kacang-kacangan. Ibu hamil sebaiknya mengonsumsi jenis bahan makanan yang kaya akan asam folat tersebut secara rutin agar kebutuhan tambahan asam folat hariannya terpenuhi.

Asupan asam folat penting untuk pembentukan otak dan sumsum tulang belakang janin. Maka dari itu saat hamil ibu jangan lupa untuk selalu mengonsumi jenis makanan yang kaya asam folat ya.