Ini Kebaikan yang Bisa Kita Dapatkan Jika Rutin Minum Air Hangat di Pagi Hari

DokterSehat.Com – Setelah bangun pagi, banyak dari kita yang segera membuat air teh atau kopi hangat dengan tujuan membuat badan dan pikiran menjadi lebih segar. Hal ini ternyata dianggap sangat baik bagi kesehatan. Tak hanya air teh atau kopi hangat, meminum air putih hangat dianggap sangat baik dalam memperlancar gerakan usus di saluran pencernaan. Bahkan, ada beberapa manfaat lain yang bisa kita dapatkan andai rutin meminum air hangat di pagi hari. Apa sajakah manfaat-manfaat tersebut?

doktersehat-minum-air-putih-sehat

Mengatasi masalah konstipasi
Sebagaimana sudah kita bahas sebelumnya, air hangat di pagi hari akan membuat gerakan usus menjadi lebih baik sehingga kita pun akan mengatasi masalah konstipasi atau buang air besar. Sebagai informasi, penyebab konstipasi pada umumnya adalah karena usus masih tidak bergerak. Selain itu, meminum air putih di pagi hari juga akan memberikan kebaikan bagi sistem pencernaan tubuh secara umum karena akan membuatnya mencerna makanan dengan lebih baik sehingga kita pun tidak akan mudah menumpuk lemak pada tubuh.

Memperbaiki sirkulasi darah
Meminum air hangat akan membuat tumpukan lemak pada tubuh dan berbagai sistem saraf semakin menurun. Hal ini ternyata akan berimbas pada semakin lancarnya aliran darah di dalam tubuh.

Menurunkan berat badan
Dengan rutin meminum air hangat di pagi hari, suhu tubuh akan meningkat dan hal ini akan berpengaruh juga pada membaiknya sistem metabolisme tubuh. Hal ini akan membuat tubuh membakar kalori dengan lebih baik dan pada akhirnya menurunkan berat badan. Untuk mendapatkan manfaat lebih baik, pakar kesehatan menyarankan kita rutin mengkonsumsi air lemon hangat di pagi hari yang akan membantu tubuh menghancurkan jaringan lemak dan menurunkan rasa lapar.

Baca Juga:  Beberapa Efek Negatif Dari Memakan Makanan Pedas

Meredakan rasa sakit saat menstruasi
Meminum air hangat di pagi hari diyakini sangat ampuh melawan kram perut saat menstruasi karena mampu membuat otot-otot perut menjadi lebih rileks.

Mencegah penuaan dini
Meminum air hangat di pagi hari akan membantu tubuh membersihkan berbagai macam racun, membantu perbaikan sel-sel kulit, dan membuat elastisitas kulit meningkat. Kita pun akan lebih baik dalam mencegah penuaan dini dan penampilan kita semakin awet muda.