Ini Efek Buruk Kesehatan Dari Duduk Terlalu Lama

DokterSehat.Com – Salah satu hal yang banyak dilakukan oleh masyarakat modern adalah dengan duduk dalam waktu yang lama. Para pekerja kantoran cukup akrab dengan hal ini dan mereka bahkan mengaku jika dalam sehari, mereka tidak akan berdiri kecuali andai mereka ingin makan siang, mengambil minuman, atau pergi ke toilet. Meskipun terlihat tidak melelahkan dan nyaman, duduk dalam waktu yang teralu lama ternyata bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Apa sajakah efek buruk dari duduk terlalu lama?

doktersehat-duduk-lama-kantor-kerja-resiko-diabetes

Membuat perut buncit
Pakar kesehatan menyebutkan jika telah ada banyak penelitian yang menyebutkan jika dengan duduk terlalu lama, maka kita akan lebih cepat meningkatkan kadar lemak pada perut. Hal ini terjadi karena duduk terlalu lama akan memicu perlambatan sistem metabolism sehingga tubuh pun akan membakar kalori dalam jumlah yang rendah dan pada akhirnya memicu penumpukan lemak pada perut dan juga pinggang.

Meningkatkan kadar gula darah
Dengan duduk terlalu lama, tubuh akan mengalami ketidakseimbangan kadar homon insulin yang bisa membuat tubuh kita mengalami lonjakan kadar gula dalam darah. Hal ini tentu akan meningkatkan resiko terkena diabetes.

Memicu nyeri punggung
Pakar kesehatan menyebutkan jika dengan duduk terlalu lama, maka kita akan meningkatkan tekanan pada tulang belakang sehingga akan membuat area punggung, leher, hingga pundak bisa terasa nyeri. Hal ini akan menjadi semakin parah jika postur duduk kita cenderung tidak baik.

Mempengaruhi kesehatan mental
Duduk terlalu lama ternyata bisa memicu stres. Bagaimana tidak, posisi ini ternyata mampu membuat otak mengalami penurunan asupan oksigen dengan signifikan. Hal ini ternyata mampu membuat otak mengalami penurunan kemampuan kognitif, daya ingat, hingga lebih mudah terkena stres.