Ini Dia Waktu-Waktu Terbaik Untuk Ngemil

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang merasakan lapar di antara waktu makan besar sehingga memilih untuk ngemil. Yang menjadi masalah adalah, kadangkala kita mengkonsumsi camilan yang tidak sehat sehingga akhirnya memicu kenaikan berat badan.

doktersehat-diabetes-makan-nanas

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengkonsumsi camilan yang sehat layaknya buah atau kacang-kacangan saat merasa lapar. Tak hanya itu, ada baiknya kita mengkonsumsi camilan di waktu yang tepat agar bisa mendapatkan manfaat sehatnya dengan maksimal. Sebenarnya, kapan sajakah waktu terbaik untuk mengkonsumsi camilan?

Empat jam setelah makan
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa waktu terbaik untuk mengkonsumsi camilan adalah saat 4 jam setelah makan besar agar kadar gula dalam darah tetap dalam kondisi stabil. Hal ini akan membuat kita tidak makan besar dengan porsi yang berlebihan nantinya.

Setelah berolahraga
Jika kita berolahraga selama 1 jam atau lebih, ada baiknya kita mengkonsumsi camilan sehat layaknya smoothies yang terbuat dari yoghurt rendah lemak, buah, atau serealia. Tak hanya itu, beberapa jenis sayuran, kacang-kacangan, dan buah juga sangat direkomendasikan.

Sebelum mengkonsumsi makan malam
Agar tidak kalap saat makan malam yang tentu akan membuat penumpukan kalori di dalam tubuh, ada baiknya kita mengkonsumsi camilan sehat.

Sebelum tidur malam
Siapa bilang ngemil sebelum tidur bisa membuat gendut? Asalkan camilan yang dikonsumsi adalah yang sehat layaknya biji bunga matahari, oatmeal, pisang, atau selembar roti gandum, maka kita pun akan menghilangkan rasa lapar sekaligus mencegah masalah kenaikan berat badan.

Sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam Journal of the American Dietetic Association menyebutkan bahwa ada baiknya kita tidak mengkonsumsi camilan diantara waktu makan pagi dan makan siang karena bisa meningkatkan keinginan ngemil dengan berlebihan seharian.