Ini Dia Tips Agar Produksi ASI Meningkat

DokterSehat.Com – Setiap ibu yang baru saja melahirkan tentunya menginginkan agar dapat memberikan ASI eksklusif pada buah hatinya. Namun tak jarang keinginan tersebut kemudian hanya menjadi angan-angan saja karena produksi ASI yang sedikit sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan sang bayi. Berbagai faktor melatarbelakangi mengapa produksi ASI sangatlah sedikit, bisa dari faktor internal maupun eksternal. Namun ibu sebaiknya jangan mudah putus asa untuk tetap memberikan ASI terutama pada 6 bulan pertama kehidupan. Berikut ada beberapa tips untuk meningkatkan produksi ASI yang dapat dicoba:

shutterstock_113110369 copy

  1. Tetap Berikan ASI pada anak
    Semakin sering Anda menyusui bayi Anda, semakin banyak ASI yang akan diproduksi oleh tubuh. ASI akan diproduksi lebih banyak sebanding dengan semakin sering Anda menyusui sang buah hati. Jangan terpatok pada jadwal tertentu untuk menyusui sang buah hati. Berikan Asi pada bayi Anda kapanpun dia merasa haus atau kapanpun bayi anda menginginkan, terutama pada beberapa minggu awal kehidupan. Jika payudara satu dirasakan sudah kosong, maka diberikan payudara yang lain.
  2. Relax
    Banyak ibu baru berpikir bahwa mereka memiliki suplai ASI yang sedikit kepada buah hati meski pada kenyataan tidak ada yang salah. Selama bayi anda sadar, aktif, buang air kecil rutin dan lancar maka suplai ASI anda ke bayi adalah baik dan cukup. Perlu diketahui, membutuhkan beberapa hari setelah proses persalinan agar ASI benar-benar dapat memenuhi kebutuhan. Adapun, bayi anda mendapatkan banyak nutrisi dari kolostrum yang merupakan bagian dari ASI yang dibentuk pada saat awal.
  3. Istirahat Harus Cukup dan Hindari Stress
    Kurang tidur juga akan mempengaruhi produksi ASI. Anda harus cukup tidur, dan bila memungkinkan, anda bisa melakukan variasi dalam merawat buah hati dengan mengajak jalan-jalan melakukan hal yang dapat membuat Anda senang daripada hanya berdiam diri dirumah. Hindari hal-hal yang membuat Anda stress karena tentunya stress akan menyebabakan berkurangnya produksi ASI. Minta bantuan suami, keluarga atau teman untuk membantu hal-hal keperluan lain, sehingga Anda memiliki performa yang baik untuk bayi Anda. Bila perlu, pembatasan jam tamu yang berkunjung juga bisa digunakan agar Anda dapat menyusui dalam keadaan tenang sehingga ASI yang diproduksi pun akan cukup.
  4. Minum Air yang Cukup dan Makan Bergizi
    Aktivitas dengan bayi Anda jangan sampai membuat Anda menjadi kurang minum. Kondisi dehidrasi bisa terjadi dan jika Anda mengalami dehidrasi tentu produksi ASI akan sangat menurun. Sediakan botol air minum mineral disekitar tempat Anda agar bila haus tidak perlu menunda untuk minum. Begitu pula perihal makanan, tentunya anda harus mengingat hal berikut : “Makan Untuk Anda = Makan Untuk Bayi Anda” sehingga makan yang cukup dan bergizi sangat diperlukan. Makanan yang terbaik untuk ibu menyusui adalah : makanan yang sehat, berimbang, banyak sayur dan buah. Stop kebiasaan minum alkohol dan bir jika Anda memilikinya
  5. Obat Herbal??
    Beberapa obat herbal dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI. Bicarakan dengan Dokter anda sebelum menggunakan suplemen herbal karena belum semua obat herbal terbukti secara ilmiah.
  6. Konsultasi dengan Pakar
    Bila Anda mengalami kesulitan dalam memproduksi ASI dan langkah diatas tidak berhasil pada Anda makan sangat dianjurkan untuk berkonsultasi kepada pakar laktasi. Mereka tentunya akan memberikan solusi terkait masalah Anda. Jangan takut atau malu untuk berkonsultasi agar bayi Anda bisa mendapatkan ASI minimal di enam bulan pertama kehidupannya mengingat manfaat ASI yang begitu banyak.