Ini Dia Penyebab Utama Disfungsi Ereksi

DokterSehat.com – Disfungsi Ereksi adalah salah satu gangguan serius yang paling ditakuti oleh para makhluk adam. Hal tersebut terkait dengan ketidakmampuan pria dalam melakukan proses ereksi atau menjaga ereksi terjadi pada saat melakukan penetrasi hubungan suami istri.



Dr. Ponco Birowo SpU PhD, menyatakan bahwa sebanyak dua pertiga kasus disfungsi ereksi disebabkan antara lain oleh kelainan fisik seperti kolesterol tinggi, diabetes mellitus, gangguan fungsi liver, ginjal, gangguan hormonal, hipertensi, kelainan jantung, stroke, hingga trauma area saluran sistem reproduksi pria (panggul) misalnya pasca operasi prostat.

Lebih lanjut Dr. Ponco Birowo SpU PhD memaparkan bahwa gaya hidup seperti konsumsi alkohol, kebiasaan merokok, serta konsumsi obat-obatan penenang dalam jangka panjang juga dapat menjadi penyebab timbulnya disfungsi ereksi. Selain itu, faktor psikologis seperti depresi, stres, komunikasi yang kurang baik antarpasangan, dan kecemasan juga sangat berpengaruh terhadap timbulnya disfungsi ereksi.

Yang menarik, ternyata disfungsi ereksi dapat dicegah melalui aktifitas hubungan intim yang rutin dengan pasangan.

Jika sering mengalami ereksi, maka hormon testosterone akan terjaga pada lavel tertentu. Akan tetapi, semakin jarang melakukan ereksi, dapat berakibat pada semakin rendahnya hormon testosterone dalam tubuh. Analoginya, seperti kegiatan olahraga. Makin sering berlari, maka akin kuat pula untuk melakukan lari jarak jauh.

Menurut data dari WHO, Prevalensi kasus disfungsi ereksi di seluruh dunia terus meningkat. Bahkan dalam sebuah riset yang di Boston, Amerika Serikat, ditemukan adanya kasus baru disfungsi ereksi sebanyak 24 orang per 1.000 pria. Dengan angka tersebut, diperkirakan pada akhir tahun 2025, sebanyak 322 juta pria dunia akan menderita penyakit disfungsi ereksi.