Ini Dia Penyebab Katarak Seperti yang Dialami Bayi Asri Welas

DokterSehat.Com– Kabar haru datang dari selebritis Asri Welas. Buah hatinya yang masih berusia 5 bulan bernama Rayyan Gibran Ridharaharja ini ternyata divonis terkena katarak pada matanya. Demi menyembuhkan katarak yang dideritanya, Ibran pun harus menjalani prosedur operasi dan kemudian memakai kacamata +16. Beruntung, prosedur penyembuhan ini mulai menampakkan hasil dan kini Ibran pun mulai kembali bisa melihat. Namun, bagaimana bisa masalah kesehatan mata ini bisa menyerang anak dengan usia semuda itu?

doktersehat-asri-welas

Menteri Kesehatan Prof. Dr. dr. Nila F. Moeloek menyebutkan bahwa katarak memang bisa terjadi pada mereka yang masih bayi. Sebagai informasi, katarak adalah penyakit yang menyebabkan lensa mata menjadi keruh sehingga cahaya pun tidak bisa masuk ke dalam retina dengan leluasa. Memang, masalah kesehatan ini kerap menimpa mereka yang sudah berusia lanjut. Namun, ada sebagian kecil bayi yang baru lahir juga bisa mengalaminya. Menurut Ibu Menteri, katarak yang muncul pada bayi biasanya terjadi saat ibu terpapar virus toksoplasma. Hal ini membuat bayi kerap terpapar cairan protozoa selama masih di dalam kandungan.

Tak hanya bisa menimpa bayi yang baru lahir, katarak ternyata juga bisa menyerang mereka yang masih berusia anak-anak. Karena alasan inilah Menteri Nila menyarankan setiap orang tua untuk selalu memeriksakan kondisi kesehatan mata buah hatinya saat usianya mencapai 6 tahun untuk memastikan bahwa kondisi matanya tetap sehat.

Prosedur pengobatan katarak pada bayi cenderung sama dengan prosedur yang dilakukan bagi orang dewasa sehingga tingkat keberhasilannya juga tergolong tinggi. Hanya saja, setelah sembuh, bayi yang sempat mengidap katarak ini sebaiknya rutin memeriksakan kondisi matanya setidaknya setahun sekali agar mereka bisa benar-benar melihat dengan sempurna saat usianya mencapai 5 tahun nantinya.