Ini Dia Penyebab Berat Badan Tak Turun-Turun Meski Sudah Menjalani Program Diet

DokterSehat.Com– Sudah mencoba untuk menerapkan pola makan yang sehat dan rutin untuk berolahraga namun berat badan tidak kunjung turun? Hal ini ternyata bisa terjadi karena beberapa hal yang tidak kita duga seperti berikut ini.

doktersehat-timbangan-berat-badan-diet-sindrom-metabolik

Kurang minum
Untuk menjalankan berbagai fungsi tubuh, termasuk dalam hal memecah lemak, tubuh membutuhkan asupan cairan. Jika kita tidak mengkonsumsi air dengan cukup hingga mengalami dehidrasi, maka proses pemecahan lemak tidak akan berjalan dengan baik sehingga kita pun akan sulit untuk menurunkan berat badan.

Tidak mendapatkan asupan lemak yang cukup
Salah satu kesalahan yang paling umum dilakukan oleh mereka yang sedang menjalani program diet adalah sama sekali tidak mengkonsumsi lemak. Padahal, tubuh memerlukan lemak sehat untuk menjalankan berbagai fungsi tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang tetap mengkonsumsi lemak sehat cenderung lebih baik dalam menurunkan berat badan daripada meraka yang tidak mengkonsumsi asupan lemak sama sekali.

Mengkonsumsi asupan protein dengan berlebihan
Jika kita mengkonsumsi protein dengan berlebihan, maka tubuh pun akan menyimpan kelebihan protein ini sebagai lemak di dalam tubuh. Hal ini justru akan menyebabkan berat badan kita tidak kunjung turun.

Tetap dalam kondisi stress
Jika kita tidak mampu mengendalikan stress dengan baik, maka kita pun tidak akan mudah menurunkan berat badan. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk melakukan berbagai aktifitas yang menurunkan stress seperti menikmati sinar matahari pagi atau melakukan meditasi. Dengan tubuh yang tidak stress, keseimbangan hormon akan terjaga dan hal ini akan membantu menurunkan berat badan.