Ini Dia Manfaat Puasa Bagi Anak

DokterSehat.Com– Karena masih anak-anak dan belum mencapai akil balig, mereka tentu belum diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Namun, ada baiknya anak-anak memang dibiasakan untuk melakukan puasa di bulan yang suci ini. Dengan melakukannya, maka mereka pun akan terbiasa untuk melakukannya di tahun-tahun berikutnya dengan mudah. Sebenarnya, apakah ada dampak positif dari puasa bagi anak?

doktersehat-anak-kembar-panjang-umur

Pakar kesehatan menyebutkan jika dengan membiasakan anak berpuasa sejak dini, hal pertama yang akan mereka dapatkan tentu saja adalah pembelajaran untuk melakukan ibadah ini saat usia mereka bertambah nantinya. Anak juga akan menyambut bulan puasa sebagai bulan yang menyenangkan meskipun harus menahan lapar dan haus seharian. Tak harus memaksa anak berpuasa seharian penuh, cobalah untuk meminta mereka bertahap melakukannya dengan cara berbuka di tengah hari. Jika usia mereka sudah bertambah, anak baru bisa kita minta untuk berpuasa secara penuh layaknya orang dewasa. Berikan pula pemahaman yang baik mengapa kita melakukan ibadah puasa sehingga mereka pun bisa dengan senang hati melakukannya.

Dr. Dian Permatasari, M.Gizi, SpGK yang merupakan pakar kesehatan di bidang gizi menyebutkan jika berpuasa ternyata bisa memberikan manfaat positif bagi kesehatan anak. Sebagai contoh, daya tahan tubuh anak yang mau berpuasa akan mengalami peningkatan sehingga mereka pun tidak akan mudah jatuh sakit. Hal ini disebabkan oleh manfaat puasa yang bisa mencegah datangnya stress osidatif pada tubuh anak sehingga mereka pun tidak akan mudah terkena inflamasi atau peradangan yang bisa berlanjut menjadi penyakit.

Tak hanya menjadikan puasa sebagai ajang untuk belajar melakukan ibadah dengan benar, orang tua juga bisa menjadikan puasa ini sebagai waktu yang tepat bagi anak untuk belajar mengendalikan diri, disiplin, dan juga melatih kesabaran. Berbagai hal ini tentu akan bisa membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang jauh lebih baik saat dewasa nantinya.