Ini Dia Manfaat Lain Vitamin D untuk Jantung Kita

DokterSehat.Com – Semua orang sepakat bahwa vitamin memiliki manfaat yang penting untuk tubuh. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin merupakan hal sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa vitamin D3 memiliki  manfaat yang baik untuk jantung. Dosis reguler dari vitamin D dapat memperbaiki fungsi jantung pada pasien dengan gagal jantung. Peneliti mengungkapkan bahwa studi ini merupakan bukti pertama bahwa vitamin D3 dapat memperbaiki fungsi jantung pada pasien dengan kelemahan otot jantung atau dikenal sebagai gagal jantung.

doktersehat-serangan-jantung-nyeri-dada

Penelitian ini melibatkan lebih dari 160 pasien yang menggunakan pacemakers atau mereka yang mengkonsumsi obat-obat pembuluh darah seperti golongan ACEI atau beta bloker. Peserta penelitian tersebut mendapatkan vitamin D atau pil plasebo (pil tanpa vitamin D) sehari sekali selama satu tahun. Hasil dari penelitian tersebut didapatkan bahwa fungsi memompa jantung membaik dari 26 persen hingga 34 persen pasien yang mendapat vitamin D, dimana tidak terdapat perubahan pada pasien dengan mendapatkan pil plasebo.

Dari penelitian tersebut, peneliti menambahkan bahwa perbaikan fungsi jantung yang terlihat pada beberapa pasien yang mendapat vitamin D menurunkan angka kebutuhan mereka untuk menggunakan implan ICD (implantable cardioverter defibrillator). ICD merupakan alat yang mendeteksi masalah ritme jantung yang berbahaya dan menghantarkan sebuah shock untuk mengembalikan ke ritme jantung yang normal.

Manfaat dari vitamin D ini sangatlah mengagumkan. Mengingat ICD sangatlah mahal dan membutuhkan operasi. Jika kita bisa mencegah pemasangan implan ICD pada beberapa pasien, maka hal tersebut dapat membantu pasien dan sistem kesehatan secara keseluruhan.

Penyakit jantung saat ini banyak diderita oleh sebagian besar populasi, dan dengan adanya penemuan ini membawa harapan baru untuk semuanya. Mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin D juga disarankan untuk upaya pencegahan. Vitamin D bisa kita jumpai pada ikan terutama ikan salmon,  ikan tuna dan ikan sarden. Selain itu sejumlah sedikit vitamin D juga bisa diperoleh dari kuning telur, hati sapi, dan makanan berfortifikasi seperti sereal dan susu.