Ini Dia Manfaat Lain Teh untuk Jantung Kita

DokterSehat.Com -Siapa yang tidak pernah minum teh? Hampir semua pasti pernah minum teh. Selain enak, hal ini karena memang teh baik untuk kesehatan. Mengkonsumsi teh sejak dulu memang dipercaya baik untuk kesehatan. Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa mengkonsumsi teh satu cangkir setiap harinya baik untuk kesehatan jantung.

doktersehat-teh-rosemary-peppermint-daya-ingat-serai-jahe-masuk-angin-cedera-otot

Penelitian tersebut menemukan bahwa mereka yang minum teh setiap harinya memiliki risiko 35% lebih rendah untuk mengalami serangan jantung atau penyakit jantung vaskuler lainnya jika dibandingkan dengan mereka yang  tidak mengkonsumsi.

Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa mereka yang minum teh memiliki risiko rendah terdapat penumpukan kalsium di arteri koroner jantung. Adanya endapan kalsium ini berhubungan dengan beberapa kondisi serius seperti penyakit jantung dan stroke. Dengan demikian, mereka yang mengkonsumsi teh memiliki progresivitas lambat terbentuknya kalsium di arteri koroner, sehingga insiden kejadian kardiovaskuler juga menurun.

Penelitian ini merupakan observasional dan membutuhkan penelitian selanjutnya untuk memastikan apakah teh atau pola hidup sehat peminum teh yang menyebabkan risiko penyakit jantung rendah.

Penelitian ini mengambil data pada lebih dari 6000 pria dan wanita yang ikut berpartisipasi pada penelitian yang dimulai pada tahun 2000. Pada awal penelitian, semua sukarelawan bebas dari penyakit jantung. Peneliti kemudian menelusuri catatan pria dan wanita tersebut untuk melihat siapa saja yang mengalami serangan jantung, stroke, nyeri dada, atau meninggal karena penyakit jantung jenis lainnya selama 11 tahun. Peneliti juga mengukur deposit kalsium dalam pembuluh darah dalam lima tahun  dengan membandingkan hasil CT scan sebelumnya.

Penelitian tersebut menemukan bahwa mereka yang minum secangkir teh per hari mengurangi sekitar sepertiga risiko terkena penyakit jantung dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi. Mereka yang mengkonsumsi teh secangkir perhari juga menunjukkan penurunan penumpukan kalsium di arteri mereka.

Baca Juga:  Laporan Keuangan April 2014

Mengkonsumsi teh ternyata baik untuk kesehatan jantung. Satu gelas cangkir per hari adalah jumlah yang disarankan untuk dikonsumsi. Saat ini banyak sekali varian teh dalam kemasan yang menawarkan berbagai rasa. Disarankan untuk mengkonsumsi teh yang dibuat sendiri, karena selain lebih murah, kita juga bisa mengontrol kandungan gula didalamnya agar tidak melebihi takaran yang dianjurkan.