Ini Dia Makanan yang Baik untuk Kesehatan Jantung

DokterSehat.Com – Jantung merupakan organ tubuh yang vital yang memiliki fungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Setiap saat jantung bekerja agar sirkulasi tubuh tetap terjaga. Memelihara kesehatan jantung adalah suatu kewajiban kita agar jantung dapat berperan optimal bagi tubuh kita. Salah satu cara menjaga jantung adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Dibawah ini adalah beberapa makanan yang baik untuk kesehatan jantung

doktersehat-detoks-detoksifikasi

  1. Salmon. Merupakan makanan paling baik untuk kesehatan jantung. Salmon kaya akan omega-3. Omega 3 merupakan lemak yang baik yang dapat menurunkan risiko kelainan ritme pada jantung dan untuk menurunkan tekanan darah. Salmon juga bisa menurunkan trigliserida. Rekomendasi dari AHA (American Heart Association) adalah dua porsi salmon dalam seminggu
  2. Tahu. Menambahkan tahu dalam menu makanan dapat memberikan Anda kandungan protein kedelai yang juga kaya akan kandungan mineral, serat dan lemak tidak jenuh.
  3. Kentang .kentang dengan indeks glukosa rendah dapat dikonsumsi karena tidak akan menyebabkan kenaikan cepat pada gula darah.Selain itu, kentang juga memiliki kandungan serat, vitamin A dan lycopene yang baik untuk jantung.
  4. Oatmeal. Semangkok oatmeal dapar mengisi perut hingga beberapa jam sehingga mengurangi keinginan untuk mengkonsumsi snack lebih sering, selain itu oatmeal juga membantu menjaga kandungan gula darah tetap stabil dari waktu ke waktu. Serat oat dapat menjaga kesehatan jantung dengan cara menurunkan kadar LDL yang jahat.
  5. Yogurt rendah lemak. Yogurt memiliki kandungan kalsium dan kalium yang tinggi. Untuk memaksimalkan kalsium yang tinggi dengan kandungan lemak rendah, pilihlah varian yogurt rendah lemak.
  6. Buah cherry. Selain bermanfaat untuk menurunkan risiko demensia, buah cherry ternyata baik untuk kesehatan jantung. Cherry memiliki antioksidan yang disebut antosianin. Antosanin inilah yang dipercaya dapat membantu melindungi pembuluh darah.
  7. Blueberry. Serupa dengan buah cherry, blueberry juga memliki antioksidan yang disebut antosianin yang juga dapat melindungi pembuluh darah.
  8. Jeruk. Jeruk memiliki kandungan kalium yan dapat membantu mengendalikan tekanan darah. Penelitian mengungkapkan, 2 cangkir jus jerik setiap harinya dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah.
  9. Minyak zaitun. Minyak dari buah zaitun ini kaya akan antioksidan yang dapat menjaga kesehatan jantung. Minyak zaitun dapat membantu melindungi pembuluh darah. Jika minyak zaitun digunakan untuk mengganti lemak jenuh, minyak zaitun dpsat menurunkan kadar kolesterol.
  10. Ikan Tuna. Hampir serupa dengan ikan salmon, tuna juga memiliki omega-3. Omega-3 inilah yang baik untuk kesehatan jantung.

Beberapa makanan diatas dapat dikonsumsi untuk membantu menjaga kesehatan yang masuk. Namun demikian, makanan ini juga perlu didukung dengan olahraga agar dapat dicapai hasil yang optimal. Mencegah kerusakan jantung diperlukan mengingat peran jantung yang sangat vital untuk tubuh. Pola hidup sehat sudah harus mulai dilakukan sejak dini dan dilakukan secara seimbang.