Ini Dia Kebaikan Mengkonsumsi Makanan Yang Dibungkus Daun Pisang

DokterSehat.Com– Makanan yang dibungkus dengan daun pisang kerap kali dianggap sebagai makanan tradisional dengan cita rasa yang khas. Meskipun memiliki label tradisional, dalam realitanya cukup banyak restoran modern dan mewah yang menyajikan makanan berbungkus daun pisang. Banyak orang yang mengaku jika makanan jenis ini ternyata memiliki cita rasa yang unik saat dikonsumsi. Tak disangka, ternyata ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan saat mengkonsumsi makanan yang berbungkus daun pisang seperti sebagai berikut.



Lebih nikmat dan sehat
Tahukah anda jika memasak makanan dengan cara membungkusnya dengan daun pisang akan membuat senyawa polifenol layaknya epigallocatechin gallate, senyawa yang juga banyak ditemukan pada teh hijau, akan meresap pada makanan. Padahal, senyawa polifenol ini bisa berperan sebagai antioksidan alami yang membantu tubuh dalam melawan berbagai radikal bebas. Hal ini tentu membuat kita tidak akan mudah jatuh sakit. Tak hanya itu, daun pisang ternyata memiliki semacam lapisan lilin alami yang bisa membuat masakan memiliki cita rasa yang lebih baik. Hal inilah yang membuat makanan yang dibungkus daun pisang layaknya pepes atau garang asem memiliki rasa yang sangat nikmat.

Bebas dari kandungan kimia
Meskipun piring, sendok, gelas, dan berbagai peralatan makan lainnya sudah kita cuci bersih, dalam realitanya kita mencucinya dengan sabun yang memiliki bahan kimia dan bisa saja tertinggal pada peralatan makan tersebut. Hal ini tentu membuat kita beresiko memakan bahan kimia saat menempatkan makanan di atasnya. Hal yang berbeda terjadi jika kita menyantap makanan yang dibungkus dengan daun pisang yang terbebas dari berbagai kandungan kimia sehingga aman untuk dikonsumsi.

Ramah lingkungan
Menggunakan daun pisang sebagai pembungkus makanan membuat kita tidak sering-sering mencuci piring yang berarti menurunkan produksi limbah rumah tangga. Tak hanya itu, bungkus pisang juga akan mudah terurai dalam tanah setelah kita membuangnya.