Ini Dia Cara Terbaik Untuk Mencegah Hipertensi

DokterSehat.Com– Hipertensi atau yang lebih dikenal sebagai masalah tekanan darah tinggi adalah salah satu penyakit yang cukup banyak diidap oleh masyarakat Indonesia. Menurut data Riset Kesehatan Dasar tahun 2013 saja, diketahui bahwa 25,8 persen masyarakat Indonesia yang berusia di atas 18 tahun mengidap masalah kesehatan ini. Hipertensi terjadi karena tekanan pada pembuluh darah arteri meningkat dengan signifikan. Pakar kesehatan sendiri menyebut hipertensi sebagai salah satu penyakit yang sangat mematikan secara diam-diam karena tidak menimbulkan gejala yang jelas namun bisa secara tiba-tiba memicu komplikasi yang berbahaya.

doktersehat-vertigo-pusing-penyakit-kepala-berputar-demensia

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada sebagian orang yang memiliki faktor resiko terkena hipertensi, yakni mereka yang sudah berusia lanjut, cenderung mengkonsumsi banyak garam setiap hari, memiliki riyawat hipertensi pada keluarganya, mengalami masalah kelebihan berat badan, tidak menerapkan pola makan yang sehat, malas berolahraga, dan suka mengkonsumsi kopi dan minuman keras. Jika anda memiliki salah satu dari faktor resiko tersebut, ada baiknya anda mulai mewaspadai masalah kesehatan ini.

Mengingat gejala hipertensi tidak begitu jelas, ada baiknya mereka yang memiliki faktor resiko hipertensi melakukan pemeriksaan darah secara rutin setidaknya sekali setiap tahun. Jika hal ini tidak dilakukan dan kita menerapkan gaya hidup yang tidak sehat, dikhawatirkan kita justru akan meningkatkan resiko terkena penyakit berbahaya layaknya stroke atau serangan jantung. Untuk mencegah hipertensi dapat dilakukan dengan aksi CERDIK seperti:

Cek kesehatan secara rutin
Tekanan darah adalah satu cara deteksi dini risiko hipertensi, stroke, dan penyakit jantung. Lakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin. Pemeriksaan dikategorikan normal jika masih dibawah 140/90 mmHg. Untuk pemeriksaan penunjang dapat juga dilakukan pemeriksaan darah lengkap di laboratorium sesuai anjuran dokter.

Enyahkan asap rokok
Kebiasaan merokok disebut-sebut sebagai salah satu penyebab utama mengapa banyak orang di Indonesia terkena masalah hipertensi. Racun di dalam rokok ternyata memang mampu meningkatkan tekanan darah sekaligus resiko terkena penyakit jantung, stroke, hingga penyakit paru-paru.

Rajin aktifitas fisik
Aktifitas fisik adalah setiap gerakan tubuh yang diakibatkan kerja otot rangka dan meningkatkan pengeluaran tenaga atau energi. Aktivitas fisik dapat dilakukan di rumah, di tempat kerja, di sekolah, di perjalanan, maupun di tempat umum.

Dengan rajin beraktivitas fisik maka kesehatan jantung dan pembuluh darah akan meningkat sekaligus menurunkan tekanan darah. Lakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari contohnya aktivitas yang dapat dilakukan adalah berjalan cepat pada permukaan rata, memotong rumput, berkebun, mencuci mobil, membersihkan rumah, mengepel lantai, dan sebagainya. Pastikan cukup minum ketika beraktivitas fisik, bila ada keluhan konsultasikan ke dokter.

Diet seimbang
Bijaklah dalam memilih makanan, biasakan untuk memilih makanan yang kaya serat dan rendah lemak jika Anda ingin mencegah hipertensi. Biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi secara rutin. Selain itu, cobalah untuk mengurangi asupan garam hingga tidak lebih dari 1 sendok teh perhari.

Istirahat cukup
Setiap orang pastinya membutuhkan istirahat agar tubuh dan pikirannya kembali segar. Namun apakah Anda yakin pola tidur Anda sudah sesuai dengan kebutuhan istirahat? Waktu tidur yang dianggap baik adalah 6-8 jam per hari dan pastikan tidur Anda berkualitas.

Kelola stress
Walaupun kita terbiasa terhadap tingkat stress yang tinggi, bukan berarti kita bisa menghadapi stress tersebut. Setiap orang memiliki batas kritis yang berbeda. Untuk mengelola stress dapat dilakukan dengan beberapa hal seperti: mengembangkan hobi yang bermanfaat, tenangkan pikiran dengan relaksasi, meningkatkan ibadah, dan melakukan aktifitas fisik dan olahraga

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, diharapkan tubuh bisa menjadi semakin sehat dan kita pun tidak akan mudah terkena masalah tekanan darah tinggi yang sangat berbahaya bagi kesehatan.