Ini Dia Cara Terbaik Mengkonsumsi Buah Agar Tidak Kehilangan Vitaminnya

DokterSehat.Com – Salah satu asupan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh adalah buah-buahan. Dengan mengkonsumsi buah secara rutin, kita bisa mendapatkan berbagai nutrisi baik layaknya serat atau vitamin yang mendukung kesehatan tubuh kita. Sayangnya, masih banyak orang yang mengkonsumsi buah dengan cara yang salah sehingga justru tidak bisa mendapatkan vitamin ini dengan maksimal. Sebenarnya, seperti apa cara terbaik untuk mengkonsumsi buah?

doktersehat-buah-sayur

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa buah bisa dikonsumsi dengan berbagai cara, yakni dimakan secara langsung, dijus, atau diambil cairan buahnya saja. Hanya saja, ada baiknya kita segera mengkonsumsi buah ini sesaat setelah dikupas atau dikonsumsi. Pakar gizi Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, menyebutkan bahwa vitamin dan mineral ternyata tidak baik jika dibiarkan lama-lama terpapar udara bebas karena bisa membuat nutrisi baik ini menghilang. Karena alasan inilah ada baiknya kita segera menghabiskan buah. Andaipun tidak habis, ada baiknya kita menyimpan potongan buah ini di wadah yang tertutup rapat dan tidak terkena udara bebas.

Kita juga bisa mendapatkan manfaat maksimal dari buah jika mengkonsumsinya melalui jus buah. Menurut Rita, jus buah ternyata masih memiliki kandungan serat yang sangat baik bagi kesehatan pencernaan kita. Hanya saja, ada baiknya kita segera mengkonsumsi jus buah ini setelah dibuat agar tidak kehilangan vitamin, mineral, dan kandungan seratnya. Selain itu, pastikan untuk tidak mencampur jus buah ini dengan bahan lainnya layaknya gula atau sirup yang justru bisa membuatnya menjadi minuman yang kurang sehat.

Bagi sebagian orang yang mengalami masalah defisiensi betakaroten, mereka akan mengalami masalah kulit bersisik sehingga membutuhkan vitamin dan mineral dari buah tanpa perlu mendapatkan seratnya. Untuk mendapatkannya, mereka hanya perlu memeras buah agar bisa mendapatkan cairan buahnya untuk segera diminum.