Ini Dia Cara Mengatasi Bekas Luka Bakar Akibat Knalpot

DokterSehat.Com – Setiap orang, khususnya kaum hawa, tentu mendambakan kulit yang mulus dan bersih tanpa adanya noda. Sayangnya, karena kecelakaan atau beberapa hal yang tidak disengaja, kulit pada betis atau bagian kaki lainnya bisa terkena knalpot panas. Tak hanya memicu luka bakar yang menyakitkan, ‘ciuman’ knalpot panas ini juga bisa menyebabkan bekas luka bakar yang membuat kulit kita tak lagi mulus.

doktersehat-kaki-wanita

Luka bakar akibat knalpot bisa dikenali dengan warnanya yang cenderung kehitaman. Warna gelap pada kulit ini disebabkan oleh kondisi hiperpigmentasi pasca inflamasi atau HPI. Kondisi ini kerap terjadi karena adanya cedera atau peradangan yang membuat produksi pigmen melamin pada kulit yang terkena knalpot panas terjadi secara berlebihan. Mengingat luka bekas knalpot ini bisa sangat mengganggu penampilan kulit dan membuat kaki kita tak lagi mulus, ada baiknya kita melakukan cara-cara berikut ini untuk mengatasinya.

Menggunakan krim
Terdapat krim yang bisa kita gunakan untuk membuat produksi pigmen melanin pada kulit semakin melambat. Selain itu, krim ini juga bisa mencerahkan kulit yang terkena noda hitam sekaligus meratakan warna kulitnya. Hanya saja, krim ini sebaiknya didapatkan melalui resep dokter karena tidak bisa digunakan secara sembarangan pada berbagai jenis bekas luka. Jika kita menggunakannya asal-asalan, dikhawatirkan kulit akan mengalami iritasi, kemerahan, atau justru menjadi semakin gelap.

Melakukan chemical peeling
Kita bisa melakukan terapi chemical peeling yang menggunakan cairan kimia asam tertentu. Cairan ini bisa mengangkat lapisan kulit yang sudah berwarna kehitaman dan membantu proses pembentukan lapisan kulit yang baru. Hanya saja, terapi ini bisa memberikan efek samping berupa kulit yang berwarna kemerahan, sensasi terbakar, pengelupasan kulit yang parah, hingga terbentuknya keloid.

Baca Juga:  Sekilas Tentang Penyakit Alergi Dingin

Menggunakan metode laser
Tak hanya chemical peeling, kita juga bisa menggunakan terapi laser yang bisa langsung diarahkan pada pigmen melamin kulit. Penggunaan metode laser ini disebut-sebut paling efektif dalam mengatasi luka bakar bekas knalpot dan membuat kulit kaki menjadi mulus kembali.