Ini dia Cara Cegah Kanker Prostat

Doktersehat.com – Pria adalah sosok yang cukup rentan terkena kanker prostat. Penyakit ini seringkali datangnya tidak diduga dan tidak menimbulkan gejala berarti, hingga kanker sudah berada di stadium lanjut.
Ada beberapa cara untuk mencegah penyakit kanker prostat ini.



Kanker prostat menjadi ancaman bagi kaum pria. Pertumbuhan kanker prostat seringkali sangat lambat, bahkan bisa tidak menunjukkan gejala selama bertahun-tahun. Padahal penanganan kanker prostat sangat kompleks. Sehingga daripada mengobati lebih baik kita mencegahnya. Askmen (25/4) membocorkan empat cara menyenangkan untuk mencegah perkembangan kanker prostat.

Masturbasi
Meskipun orang yang sering masturbasi sering dicap aneh, namun ternyata beberapa penelitian menunjukkan masturbasi bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah kanker prostat.

Menurut penelitian di tahun 2004 dalam Journal of American Medical Association, untuk mendapatkan manfaat perlindungan terhadap kanker prostat, maka ejakulasi sebanyak 12 kali per bulan (masturbasi atau berhubungan seks) itu perlu. Apalagi setiap peningkatan tiga kali ejakulasi per minggu berkaitan dengan penurunan 15 persen kanker prostat.

Lantas bagaimana mungkin ejakulasi melindungi pria dari risiko kanker prostat? Sebuah teori menjelaskan bahwa hal ini memungkin penis untuk membersihkan diri karsinogen (racun). Dengan kata lain, mastrubasi dapat membersihkan penis Anda.

Dan inilah cara pencegahannya:

Berolahraga rutin.
Olahraga membuat sistem kekebalan tubuh, metabolisme, dan sirkulasi darah membaik. Baiknya kekebalan tubuh dapat menjadi jalan untuk menekan pertumbuhan sel kanker. Oleh karena itu, pilihlah olahraga kesukaan Anda agar tubuh tidak mudah sakit. Baik pula kalau Anda mau rutin jalan cepat. Menurut penelitian dari University of California, jalan cepat bisa mengatasi masalah kanker prostat pada pria.

Makan serat alami dan minum susu kedelai.
Kedua makanan ini memiliki nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan prostat. Disarankan, serat alami yang dikonsumsi berasal dari rami.Konsentrasi seratnya cukup tinggi dan baik. Sementara itu, daripada minum susu sapi yang mungkin kaya lemak, lebih baik konsumsi susu kedelai yang juga menyehatkan.

Baca Juga:  Kanker Prostat - Pengertian

Melakukan masturbasi.
Kegiatan seksual mandiri ini, menurut studi di tahun 2004, efektif melindungi prostat dari tumbuhnya sel kanker. Zat karsinogen yang ada di organ kemaluan pria bisa terbawa keluar saat terjadi ejakulasi. Rongga penis akhirnya bersih. Dengan melakukan masturbasi tiga kali dalam seminggu, bisa mengurangi risiko kanker prostat sebesar 15 persen.

Makan tomat.
Buah ini mengandung antioksidan lycopen. Zat tersebut punya peran penting dalam menekan kanker prostat pada pria.

 

 

 

 

 

 

Sumber : zona-kita.com& kabartop.com