Ini Dia Cara Aman dan Sehat Untuk Berbelanja Menjelang Lebaran

DokterSehat.Com– Ada sebuah tradisi yang melekat menjelang Hari Raya Lebaran, yakni memiliki baju baru. Karena tradisi inilah, banyak orang yang berbondong-bondong mendatangi pasar atau pusat perbelanjaan di hari-hari menjelang Hari Raya. Tak hanya baju baru, kebutuhan lebaran layaknya kue kering dan bahan makanan juga laris diburu banyak orang. Mengingat kita akan berbelanja di bulan puasa, ada kemungkinan kita akan mengalami kelelahan saat melakukannya. Demi menghindari hal tersebut, ada baiknya kita melakukan tips berikut ini saat berbelanja menjelang Lebaran.



Tidak mengajak anak kecil
Pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak mengajak anak kecil mengingat di hari-hari menjelang lebaran, pasar atau pusat perbelanjaan akan sangat penuh sesak dengan banyak orang. Tak hanya membuat resiko anak tersesat, bisa jadi anak akan kehabisan oksigen di tengah kerumuman dan jatuh pingsan.

Memilih waktu belanja yang tepat
Semakin dekat dengan Hari Raya, biasanya semakin banyak diskon pada benda-benda yang banyak dicari menjelang Lebaran. Jika kita menunggu diskon-diskon tersebut, bisa jadi kita akan berdesak-desakan dengan orang lain yang tentu akan membuat kita lebih mudah lelah. Ada baiknya kita berbelanja lebih dini saja demi menghindari berdesak-desakan dengan orang lain. Selain itu, jika kita ingin pergi berbelanja, pilihlah waktu di pagi hari saja. Di pagi hari, masih belum banyak orang yang pergi berbelanja jika dibandingkan dengan saat siang, sore, atau bahkan di malam hari dimana orang lebih berenergi setelah melakukan buka puasa.

Berbelanja online
Tidak ada salahnya kita mengecek gadget kita dan mencari barang diskonan di tempat belanja online. Cukup banyak barang berkualitas yang memiliki harga murah di internet. Kita tentu bisa menghindari berdesak-desakan dengan orang lain di pusat perbelanjaan. Hanya saja, ada baiknya kita tidak terlalu lama mengecek tempat belanja online karena bisa membuat kita kalap atau tidak banyak bergerak.

Baca Juga:  Kerusakan Otak Akibat Pornografi

Berbelanja sesudah lebaran saja
Demi menghindari kerumuman banyak orang, mengapa kita tidak berbelanja setelah lebaran saja? Memang, kita tidak akan bisa memakai baju baru di saat Hari Raya, namun, setidaknya kita tidak perlu lagi mengambil resiko kelelahan akibat dari berdesak-desakan saat berbelanja.