Ini Dia 4 Virus Mematikan yang Wajib Anda Ketahui!

Photo Credit : www.pixabay.com

DokterSehat.Com– Virus adalah parasit berukuran mikroskopik yang bisa menginfeksi sel organism biologis di dalam tubuh. Virus sendiri bisa bereproduksi pada material hidup dengan memanfaatkan sel makhluk hidup karena virus tidak memiliki perlengkapan selular untuk bereproduksi sendiri.

Oleh karenanya, virus sering memanfaatkan sel di dalam tubuh manusia untuk terus reproduksi. Hal tersebut tentunya akan memberikan efek negatif sebab virus memiliki sifat parasit yang sangat merugikan.

Sepanjang sejarah, ditemui begitu banyak jenis virus bermunculan, baik virus biasa sampai virus yang sudah menelan banyak korban nyawa. Dengan demikian, keberadaan virus tentunya tidak bisa dianggap remeh dan Anda harus tetap waspada. Dalam hal ini, alangkah baiknya Anda mengenali beberapa jenis virus yang sangat mematikan yang bisa menyerang siapa saja.

Berikut 4 virus mematikan yang wajib Anda ketahui

1. Virus Lujo

Virus ini mulai bermunculan pada tahun 2008 lalu, tepatnya di Lusaka, Zambia, Afrika. Menurut hasil riset yang dilakukan, virus lujo memiliki ancaman tingkat mematikan hingga 80 persen. Dikatakan pula jika virus lujo menyebabkan gejala mirip Ebola, yakni menyerang bagian gusi dan hidung.

2. Virus Marburg

Virus Marburg tergolong sebagai virus yang sangat berbahaya dan mengancam nyawa. Awal mula kemunculan virus ini pada tahun 1967 silam di Jerman. Jika sudah terkena virus ini, maka seseorang bisa mengalami gangguan indera, seperti ganggauan pendengaran, penglihatan, kelemahan otot, serta kelemahan penciuman.

3. HIV

HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus. Virus ini bisa menyerang sistem kekebalan tubuh dan merusak kemampuan tubuh dalam melawan penyakit. Hingga, siapapun yang terkena virus ini akan mudah terkena penyakit sebab kekebalan tubuhnya tak berfungsi lagi.

4. Virus Dengue

Untuk virus yang satu ini bisa disebarkan melalui gigitan nyamuk. Biasanya, penyakit yang dihasilkan tersebut dijuluki sebagai demam berdarah. Sampai saat ini, sudah ada jutaan orang yang meninggal karena terkena virus dengue. Oleh karenanya, virus ini dikatakan sebagai virus yang memiliki tingkat mematikan hingga 90 persen.