Ini Dia 3 Olahraga Terbaik Untuk Melatih Fleksibilitas Tubuh

DokterSehat.Com – Olahraga adalah suatu bentuk aktivitas fisik yang terencana dan terstruktur yang melibatkan gerakan tubuh berulang-ulang dan ditujukan untuk meningkatkan kebugaran jasmani.



Banyak olahraga yang bisa memberi manfaat kesehatan, namun hanya beberapa olahraga saja yang membuat semua bagian tubuh Anda bergerak dan melatih kelenturan otot tubuh atau fleksibilitas tubuh. Contohnya jika Anda berlatih angkat beban, hanya otot bagian lengan saja yang dilatih, sedangkan otot kaki perut dan lain sebagainya tidak terlatih dalam waktu bersamaan.

Berikut beberapa olahraga yang membuat semua otot tubuh Anda bekerja dan secara efektif melatih semua anggota tubuh :

  • Yoga
    Olahraga dengan gerakan halus namun cukup rumit ini memang sangat mengesankan untuk melatih fleksibilitas tubuh. Tentu saja bagi pemula, gerakan tidak langsung rumit. Pembiasaan terhadap gerakan yoga juga tidak sulit karena And akan diperkenalkan pada gerakan-gerakan dasar atau umum saja yang mudah. Baru setelah itu beralih level ke yang lebih sulit dan menantang. Yoga bukan hanya sangat baik dalam melatih otot dan menjadikan tubuh lebih fit, namun juga mengajarkan Anda latihan pernapasan dan relaksasi pelepasan stres.
  • Pilates
    Seringkali yoga dan pilates dianggap sama, namun sebenarnya berbeda. Meskipun sama-sama melatih gerakan tubuh, namun gerakan pilates hanya berlangsung paling lama 3 detik. Dalam gerakan pilates, Anda akan lebih banyak berbaring, duduk dan berlutut daripada gerakan yoga yang cukup banyak dilakukan dalam posisi berdiri.
  • Balet atau gerakan tari kotemporer
    Memang tidak semua bisa melakukannya, dan balet perlu ditekuni sejak kecil. Namun jika Anda sudah terbiasa melakukan gerakan balet, tubuh akan lentur dengan sendirinya. Memang butuh perjuangan jika Anda baru berlatih saat sudah dewasa, itulah mengapa kebanyakan balet dilakukan sejak kecil. Tari kontemporer juga sangat populer di antara anak muda. Anda bisa mengikuti club atau kelas sendiri untuk berlatih.
Baca Juga:  Ponsel Aktif saat Tidur Dapat Menimbulkan Penyakit

Berlatih olahraga yang membuat tubuh lebih fleksibel akan sangat bagus menjaga tekanan darah, menghindarkan arthritis dan peredaran darah lancar. Ketiganya sangat baik dilakukan, silahkan pilih mana yang Anda suka.