Ini Dampaknya Jika Kita Suka Menyimpan Dompet di Saku Belakang Celana

DokterSehat.Com– Ada sebuah kebiasaan yang cukup sering ditemukan pada pria di berbagai tempat di seluruh dunia, yakni selalu menyimpan dompetnya di saku belakang celana. Banyak pria yang mengaku jika kebiasaan ini bahkan dilakukan sejak usia sekolah dan terus dilakukan meskipun kita berada dalam kondisi duduk untuk makan, bekerja, berkendara, dan lain sebagainya. Meskipun terlihat sepele, menurut pakar kesehatan, kebiasaan ini ternyata kurang baik bagi kesehatan tubuh.

doktersehat-hip-pocket-syndrome-wallet-neuropathy-gadget-handphone

Tak hanya uang, kita bisa menemukan berbagai kartu, tanda pengenal, atau bahkan uang receh dan struk belanja yang bisa membuat dompet ini menjadi sangat tebal. Jika kita kerap menyimpan dompet tebal ini di saku belakang celana, kita tentu akan membuat bagian pantat menjadi terasa lebih sesak dan saat duduk, kita ternyata akan duduk dengan posisi yang cenderung miring atau tulang panggul terangkat satu sisi saja. Jika hal ini sudah sering dilakukan, dikhawatirkan tulang belakang bawah dan bantalannya akan ikut miring. Hal ini ternyata bisa berimbas buruk dan memperlemah otot-otot di sekitar tulang belakang layaknya otot perut dan otot pinggang.

Dalam beberapa kasus, tergerusnya bantalan tulang belakang ternyata bisa memberikan tekanan berlebihan pada saraf sehingga akan menimbulkan sakit punggung atau yang dalam dunia medis disebut sebagai low back pain. Tak hanya terasa pada bagian punggung, rasa nyeri ini bisa menjalar hingga ke kaki.

Untuk mencegah masalah kesehatan ini, ada baiknya kita tak lagi menyimpan dompet di saku belakang celana. Jika ada tempat lain untuk menyimpan dompet layaknya saku jaket, kantung celana bagian depan, atau bahkan tas, maka ada baiknya kita menyimpannya di sana saja. Hanya saja, jika anda tak lagi memiliki tempat penyimpanan dompet, maka pastikan untuk membuat dompet tersebut setipis mungkin layaknya dengan menyingkirkan uang logam, kartu atau kertas yang tak terpakai.