Ini Dampaknya Jika Kita Langsung Minum Es Saat Berbuka Puasa

DokterSehat.Com – Apa makanan atau minuman yang langsung terbayang-bayang begitu kita ingin berbuka puasa? Pakar kesehatan menyebutkan jika minuman dingin layaknya es teh atau es buah akan menjadi minuman yang paling menggoda dan terasa sangat segar untuk menghilangkan dahaga setelah seharian penuh tidak mengkonsumsi makanan atau minuman apapun. Sayangnya, dibalik kesegaran minuman es ini, pakar kesehatan menyebutkan jika berbuka puasa dengan air es ternyata sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

7190209429_529e3f07ca_o

Pakar kesehatan Rita Ramayulis menyebutkan jika dengan mengkonsumsi minuman yang sangat dingin setelah seharian penuh tidak minum atau makan apapun, maka kita justru akan membuat lambung bekerja dengan lebih lambat mengingat minuman ini juga harus disesuaikan dengan suhu tubuh kita lagi. Banyak kasus dimana lambung bahkan akan terasa kaget jika kita langsung menenggak minuman dingin saat berbuka puasa. Jika kita nekat melakukannya, biasanya perut kita akan cenderung mudah terkena masalah kembung atau terasa sangat penuh.

Menurut Rita, jika kita memang ingin meminum air dingin saat berbuka, ada baiknya tidak memakai es batu atau hanya mengkonsumsi minuman dingin biasa saja yang tidak terlalu berbeda dengan suhu tubuh. Namun, alih-alih minuman dingin, Rita lebih merekomendasikan air putih dengan suhu biasa saja. Setelah itu, cobalah untuk mengkonsumsi minuman atau camilan yang manis layaknya kurma. Minuman yang manis layaknya teh manis hangat juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa karena akan segera mengembalikan kadar gula darah yang sempat menurun selama kita berpuasa seharian. Namun, ingatlah pula agar tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.

Pakar gizi Grace Judio-Kahl juga mengungkapkan jika ada baiknya kita tidak mengkonsumsi makanan manis terlalu banyak saat berbuka puasa. Ia justru menyarankan kita untuk mengkonsumsi buah-buahan yang manis dengan kadar air yang tinggi yang justru lebih menyehatkan dan menyegarkan tubuh.