Ini Dampak Buruk Dari Rokok Bagi Kesehatan Mulut Kita

DokterSehat.Com – Sudah menjadi rahasia umum jika rokok bisa memberikan begitu banyak dampak buruk bagi kesehatan. Tak hanya bisa menyebabkan penyakit berbahaya layaknya penyakit jantung, stroke, hingga kanker paru-paru, rokok juga bisa menyebabkan masalah kesehatan pada gigi dan mulut kita. Apa sajakah dampak buruk dari rokok bagi kesehatan gigi dan mulut kita?

doktersehat-rokok

Gigi terlihat kotor dan menghitam
Saat kita merokok, kandungan nikotin yang ada pada rokok ternyata mampu menimbulkan noda pada gigi dan membuat warna gigi berubah. Tak hanya menguning, gigi juga bisa semakin menghitam sehingga akan terlihat sangat buruk.

Menyebabkan gigi rusak
Saat merokok, kandungan racun dari rokok ini akan menumpuk pada permukaan gigi sehingga memicu plak gigi. Tak hanya merubah warna gigi, hal ini akan mebuat akar gigi rusak dan pada akhirnya membuat gigi rusak atau geripis.

Membuat gigi rontok
Asap rokok ternyata bisa menyebabkan kerusakan pada tulang penyangga gigi dan memicu penyakit periodontal. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka gigi akan menjadi rusak dan bahkan bisa tanggal.

Menyebabkan bau mulut
Rokok ternyata bisa menyebabkan mulut menjadi lebih kering. Padahal, mulut yang kering menjadi tempat yang ideal bagi bakteri untuk berkembang biak dan memicu masalah bau mulut. Tak hanya itu, kandungan rokok layaknya tar dan nikotin ternyata bisa mengendap pada rongga mulut dalam waktu yang lama sehingga bisa memicu masalah bau mulut yang sangat parah.

Memicu penyakit gusi
Asap rokok ternyata bisa memicu gangguan pada fungsi normal sel-sel jaringan gusi. Alhasil, para perokok akan lebih beresiko terkena masalah periodontitis. Tak hanya menyebabkan gusi sakit, penyakit ini bisa membuat bakteri masuk ke dalam jaringan dan akhirnya merusak jaringan lunak serta tulang penyangga gigi.

Baca Juga:  Otoritas Kesehatan Skotlandia Melarang Merokok di Dalam Mobil Saat Bersama Anak

Penyebab utama kanker mulut
Rokok dan produk tembakau lainnya layaknya cerutu atau tembakau yang dikunyah ternyata mampu meningkatkan resiko kanker mulut hingga 90 persen lebih besar.