Ini Caranya Agar Kita Tidak Menaikkan Kolesterol Saat Lebaran

DokterSehat.Com– Tak hanya identik dengan ketupat, Hari Raya Idul Fitri juga identik dengan makanan-makanan yang berlemak atau bersantan layaknya opor ayam atau rendang. Makanan-makanan ini memang memiliki rasa yang nikmat, sayangnya, makanan ini bisa menaikkan kadar kolesterol pada tubuh kita jika dikonsumsi secara berlebihan. Padahal, pada saat Hari Raya Lebaran atau bahkan setelahnya, hampir bisa dipastikan kita akan selalu mengkonsumsi makanan-makanan yang kaya kolesterol tersebut. Apakah tidak ada cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kadar kolesterol saat Lebaran?

doktersehat-makan-ayam-bermonyak-kolesterol

Menghindari daging yang berlemak
Pakar kesehatan spesialis penyakit dalam bernama dr. Fransiscus Ari, Sp.PD yang berasal dari Rumah Sakit Pondok Indah berkata bahwa tidak masalah jika kita ingin menikmati daging saat lebaran. Namun, ada baiknya kita menghindari daging yang berlemak karena daging jenis inilah yang bisa menaikkan kadar kolesterol pada tubuh.

Menghindari kulit ayam
Kulit ayam memang sangat nikmat untuk dikonsumsi, khususnya jika digoreng atau dijadikan sate. Sayangnya, kulit ayam memiliki kadar kolesterol yang sangat tinggi sehingga sebaiknya tidak kita konsumsi.

Tidak menambahkan kuah santan pada masakan
Kuah santan pada masakan khas lebaran ternyata juga bisa ikut menyebabkan kenaikan kadar kolesterol dalam tubuh. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita hanya mengkonsumsi dagingnya saja dan tidak menambahkan kuah santan sebagai lauk.

Tidak meminum minuman bersoda atau minuman manis lainnya
Hari lebaran identik dengan sajian minuman bersoda, sirup, atau teh manis. Ada baiknya kita memperbanyak asupan air putih saja daripada mengkonsumsi minuman-minuman tersebut.

Tidak melupakan sayuran
Ada baiknya kita tetap menyediakan sayuran hijau sebagai pendamping makan khas Lebaran sehingga kita tetap mengkonsumsi makanan sehat yang bisa menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh.