Ini Caranya Agar Kita Tetap Menjaga Pola Makan Sehat Sembari Merayakan Imlek

DokterSehat.Com – Tahun baru imlek selalu identik dengan perayaan dan pesta. Banyak dari kita yang bahkan mengadakan pesta makan bersama dengan keluarga atau teman-teman terdekat untuk merayakan tahun baru imlek kali ini. Sayangnya, kebanyakan pesta makan ini diadakan dengan makanan-makanan yang memang lezat, namun kurang sehat bagi kesehatan. Kita tentu akan kesulitan untuk menjaga pola makan yang sehat sembari merayakan tahun baru Imlek, bukan?

doktersehat-makanan-ketagihan-kalori-junk-food

Pakar kesehatan dr. Ari Fahrial Syam menyebutkan jika di saat Tahun Baru Imlek, kita akan sering menemukan makanan seafood yang kaya akan kolesterol dan juga purin. Selain itu, makanan kaya lemak yang asin, gurih, dan kaya akan MSG juga bisa ditemukan pada perayaan Imlek. Berbagai kue khas Imlek yang kaya akan keju atau gula berlebihan juga tentu akan sangat menggoda. Andai kita sembarangan mengkonsumsi makanan-makanan lezat ini, dikhawatirkan kadar kolesterol dalam darah dan juga tekanan darah bisa meningkat. Selain itu, resiko untuk terkena penyakit obesitas, asam urat, dan juga diabetes juga meningkat.

Meskipun memang akan sangat sulit untuk menghindari makanan yang tidak sehat ini, dr. Ari menyarankan kita untuk tetap menjaga pola makan yang sehat selama pesta perayaan tahun baru Imlek. Jangan ragu untuk mengambil banyak sayuran dan buah-buahan karena makanan sehat yang kaya serat ini akan membuat kita tidak berlebihan dalam mengkonsumsi makanan. Selain itu, dengan memperbanyak sayur dan buah, kita juga tidak akan mengalami masalah buang air besar yang memang kerap muncul setelah pesta perayaan tahun baru Imlek berakhir.

Tak hanya selalu menjaga asupan sayuran dan buah-buahan, dr. Ari juga menyarankan kita untuk tetap menjaga asupan cairan tetap cukup dan rutin berolahraga. Dengan cara ini, tubuh pun akan tetap terjaga kesehatannya.