Ini Caranya Agar Kita Bisa Rutin Berolahraga

DokterSehat.Com – Meskipun sudah menjadi rahasia umum jika olahraga adalah salah satu cara paling efektif untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar, dalam realitanya masih sedikit orang yang mau melakukannya secara rutin. Selain karena malas melakukan aktifitas fisik, banyak orang yang menuding kesibukan aktifitas sehari-hari membuatnya kesulitan untuk mendapatkan waktu luang untuk berolahraga. Pakar kesehatan dr. Andi Kurniawan SpKO, yang berasal dari Indonesia Sport Medicine Center menyebutkan jika selain tidak adanya motivasi, kebanyakan masyarakat tidak lagi memiliki energi atau waktu lagi untuk melakukan olahraga.

doktersehat-lari-jogging-olahraga

Lantas, apakah ada cara yang bisa kita lakukan agar kita bisa tetap rutin berolahraga? Dr. Andi menyarankan kita untuk mendapatkan motivasi baru dalam melakukan olahraga. Sebagai contoh, kita mulai bergabung dengan komunitas yang kita sukai layaknya komunitas bersepeda. Dengan bergabung dengan komunitas ini, diharapkan kita akan lebih bersemangat, memiliki minat untuk melakukan aktifitas dengan lebih baik, dan tidak akan berpikir dua kali untuk menghabiskan energi demi melakukan kegiatan ini.

Dr. Andi melanjutkan jika andai kita masih menyalahkan tidak adanya waktu karena padatnya kesibukan, ada baiknya kita mulai mengubah pola pikir kita. Beliau menyebutkan jika sebenarnya kita hanya memerlukan waktu 150 menit saja dalam sepekan untuk berolahraga. Andai kita mau menyempatkan waktu setengah jam saja setiap hari, baik itu di pagi hari atau bahkan di malam hari dengan pergi ke pusat kebugaran, maka kita tentu sudah mendapatkan waktu ideal untuk berolahraga.

Ada pula cara lain yang bisa membuat kita lebih termotivasi untuk berolahraga, yakni mengubah gaya hidup kita. Sebagai contoh, kita bisa mulai lebih sering berjalan kaki, bersepeda, atau memakai transportasi umum untuk pergi ke kantor alih-alih memakai mobil pribadi. Selain itu, kita bisa berjalan ke kantin untuk mendapatkan makan siang alih-alih memesan makanan pada Office Boy (OB) atau memilih memakai tangga daripada menggunakan lift. Dengan tubuh yang semakin aktif, maka kita pun akan menjadi lebih sehat dan tidak mudah terkena penyakit.