Ini Caranya Agar Kita Bisa Mencegah Kanker Serviks Seperti yang Diderita Oleh Julia Perez

DokterSehat.Com – Dunia hiburan tanah air tanah air sedang cukup sering membahas kondisi kesehatan artis Julia Perez. Artis serba bisa ini diketahui telah menderita kanker serviks dengan kondisi kesehatan yang cukup parah. Jupe sendiri masih melakukan berbagai macam pengobatan demi mengobati penyakitnya ini. Sebenarnya, apakah ada cara untuk mencegah penyakit kanker serviks yang menjadi momok kaum hawa ini?

doktersehat-juliaperez-kanker-serviks

Photo Credit: Instagram/ juliaperezz

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kanker serviks adalah penyakit nomor dua yang paling banyak diderita oleh kaum hawa setelah kanker payudara. Di seluruh dunia sendiri, penyakit ini ditemukan pada satu dari seribu wanita. Penyebab dari kanker serviks sendiri adalah infeksi dari Human Papilloma Virus atau yang kerap disebut sebagai virus HPV. Hal ini berarti, untuk mencegah kanker serviks seperti yang diderita oleh Julia Perez ini, ada baiknya kita menghindari infeksi dari virus HPV tersebut.

Prof. Dr. dr. Andrijono Sp.OG (K), menyebutkan bahwa dari sekitar 100 tipe virus HPV yang ada, setidaknya ada 20 serotipe virus yang bisa memicu kanker ini. Di Indonesia sendiri, virus HPV yang bisa memicu penyakit adalah virus dengan serotipe 16, 18, dan juga 52. Sebagai informasi, tak hanya kanker serviks, serotipe virus ini juga bisa menyebabkan kanker mulut, kanker vagina, kanker penis, kanker anus, dan kanker nasofaring.

Beruntung, untuk mencegah infeksi dari virus HPV ini, kita bisa menggunakan vaksin HPV yang diklaim mampu mencegah kanker serviks hingga 100 persen. Tak hanya itu, kaum hawa juga disarankan untuk melakukan skrining. Skrining sendiri bisa dilakukan dengan cara inspeksi asam visual asetat (IVA) dan juga melakukan pap smear. Beruntung, semua teknik pencegahan ini sudah bisa dilakukan di Indonesia. Pakar kesehatan sendiri menyarankan kaum hawa untuk melakukan vaksin HPV dan juga skrining demi mencegah datangnya penyakit kanker serviks yang mengerikan ini.