Ini Caranya Agar Ibu Hamil Tidak Merasakan Sakit Saat Melahirkan

DokterSehat.Com – Setiap wanita yang sudah menikah tentu ingin segera mendapatkan keturunan. Begitu mendapati dirinya akhirnya hamil, Ia pun akan merasakan kebahagiaan yang tak terkira. Sayangnya, tak hanya membuatnya harus melakukan aktifitas dengan ekstra hati-hati dan menjaga pola makannya dengan baik demi kesehatan dan perkembangan janin di dalam kandungan, ibu hamil juga harus mempersiapkan diri untuk menghadapi proses persalinan yang akan memberikan rasa sakit yang luar biasa. Apakah ada cara yang bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk menurunkan rasa sakit di saat melahirkan tersebut?

doktersehat-usg-hamil-dokter-menurunkan-berat-badan

Pakar kesehatan menyebutkan jika ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi vitamin D agar bisa mencegah datangnya rasa sakit yang berlebihan saat melahirkan. Saran ini didapatkan dari hasil penelitian yang dilakukan dengan cara mengukur seberapa banyak kadar vitamin D yang ada pada ibu yang akan segera melahirkan. Diketahui bahwa ibu ini akan mendapatkan suntikan pereda nyeri saat melahirkan. Para peneliti juga kemudian mengukur seberapa banyak obat penghilang rasa sakit yang dibutuhkan selama proses persalinan tersebut.

Hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwa ibu hamil yang memiliki kadar vitamin D yang rendah cenderung membutuhkan lebih banyak obat penghilang rasa sakit jika dibandingkan dengan ibu hamil yang memiliki lebih banyak vitamin D dalam tubuhnya. Hal ini berarti, rasa sakit yang dialami oleh ibu hamil yang tidak mengkonsumsi vitamin D dengan cukup akan jauh lebih terasa dan menyakitkan.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya ibu hamil memang mencukupi kebutuhan vitamin D dengan cara mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin tersebut layaknya susu atau sereal. Selain itu, sering-seringlah berjemur di bawah sinar matahari pagi yang bisa membuat tubuh semakin sehat sekaligus membuat mood ibu hamil semakin baik.