Ini Caranya Agar Bisa Mengatasi Rasa Kecewa Karena Jagoan Kalah Saat Pilkada

DokterSehat.Com– Perbincangan dunia politik tanah air cukup menghangat dalam beberapa bulan terakhir karena adanya Pilkada di Jakarta. Debat di sosial media atau bahkan saling bertukar opini di warung kopi sudah biasa kita dengar sehingga menimbulkan kekhawatiran banyak pihak akan terjadinya perpecahan bangsa. Meskipun pihak KPU belum benar-benar mengumumkan hasil Pilkada Jakarta pada hari ini, berbagai lembaga survey sudah memberikan hasil quick count yang bisa menunjukkan siapa orang yang maju sebagai Gubernur Ibukota untuk lima tahun mendatang. Jika anda termasuk dalam pendukung yang jagoannya kalah di Pilkada kali ini, ada baiknya anda tidak terlarut-larut dalam kekecewaan dan melakukan hal ini.



Berpikir positif
Banyak orang yang lupa bahwa pilkada sebenarnya adalah ajang mencari pemimpin yang akan menuangkan ide-ide yang diharapkan mampu memajukan daerahnya, bukannya memberikan bencana atau kekacauan pada tempat yang akan dipimpinnya nanti. Meskipun yang menang bukanlah jagoan kita, berpikirlah positif bahwa kondisi tempat atau daerah yang kita tinggali nanti akan baik-baik saja dan mengalami kemajuan seperti yang semua orang impikan.

Bercerita pada orang lain
Jangan simpan kekecewaan di dalam hati saja. Cobalah untuk bercerita dan menyampaikan keluh kesah pada keluarga, teman, atau bahkan kawan-kawan seperjuangan yang mendukung jagoan yang sama. Dengan mengeluarkan semua isi hati, maka pikiran akan bisa menjadi lebih lega dan tenang.

Jangan fokus pada kegagalan dan berpikirlah untuk masa depan
Alih-alih kecewa dan terus mengutuk atau mencibir jagoan yang menang, cobalah untuk berpikir jauh tentang masa depan dan berkontribusi pada masyarakat. Dengan melakukan hal ini, maka kita justru akan merasa jauh lebih baik dan berguna bagi banyak orang.

Baca Juga:  Bersepeda, Olahraga Terbaik Mengatasi Depresi

Berolahraga ringan sambil mendengarkan musik
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa dengan berolahraga ringan sembari mendengarkan musik, maka pikiran akan lebih tenang, stress dan rasa kecewa akan menghilang, dan kita akan kembali bersemangat untuk menjalani aktifitas harian.

Bersilaturahmi dengan siapa saja tanpa memandang siapa jagoannya di pilkada
Kita pasti pernah berbeda pendapat atau dukungan dengan kawan, keluarga, atau bahkan tetangga dekat. Setelah pilkada ini, cobalah untuk kembali mempererat hubungan dengan siapa saja, termasuk dengan yang berbeda dukungan dengan kita. Dengan melakukannya, kita justru akan mendapatkan suasana hati yang lebih baik dan kembali hidup dengan nyaman.