Ini Cara Terbaru yang Paling Efektif Untuk Mengatasi Jerawat

DokterSehat.Com– Tahukah anda jika dalam data statistik kesehatan pada tahun 2012, 36,5 persen pria dan 37 persen wanita Indonesia ternyata mengalami jerawat? Hal ini berarti, baik pria ataupun wanita di tanah air memiliki resiko besar untuk terkena masalah kulit yang menjengkelkan ini. Menurut pakar kesehatan, kaum pria yang terkena jerawat biasanya yang berada dalam rentang usia 15 hingga 19 tahun. Sementara itu, untuk kaum hawa, usia terkena jerawat biasanya lebih dewasa yakni sekitar 20 hingga 24 tahun.

doktersehat-flek-hitam-wajah-sinar-UV-jerawat-komedo

Pakar kesehatan dr. Edwin Tanihala menyebutkan bahwa pubertas memang mampu mengubah kadar hormon yang mempengaruhi produksi minyak alami atau sebum pada kulit wajah. Jika produksi sebum ini berlebihan dan bercampur dengan sel-sel kulit mati dan kotoran lainnya, maka jadilah jerawat berwarna kemerahan yang sangat mengganggu. Mengingat kita tinggal di negara dengan kelembapan sangat tinggi, maka produksi sebum ini juga akan lebih banyak sehingga kita pun lebih mudah terkena jerawat.

Untuk mengatasi masalah jerawat ini, banyak orang yang menggunakan produk perawatan kulit atau bahkan mengkonsumsi obat-obatan. Namun, perkembangan teknologi di dunia kesehatan kini berhasil menemukan cara terbaru yang lebih praktis namun efektif dalam mengatasi jerawat yang disebut sebagai acne patch atau plester jerawat.

Plester yang sudah diuji secara klinis pada Fakultas Kedokteran Kulit di Nanjing University di China pada tahun 2012 ini tinggal kita tempelkan pada jerawat dan akan menyembuhkan jerawat tersebut. Hal ini dikarenakan adanya kandungan hydrocolloid yang mampu menyerap sebum dan juga nanah berlebihan pada jerawat. Karena tertutup oleh plester ini, bakteri pun tidak mudah menyerang jerawat sehingga masalah kulit ini pun tidak akan menjadi semakin parah.

Baca Juga:  Peneliti Berhasil Menemukan Vaksin yang Bisa Mencegah Jerawat

Plester jerawat sendiri dibuat dengan bentuk transparan sehingga kita pun tidak perlu lagi khawatir akan penampilan wajah kita andai menggunakannya. Hanya saja, andai jerawat sudah terlanjur meradang atau membesar, ada baiknya kita mengkombinasikan plester jerawat ini dengan obat minum agar jerawat bisa sembuh dengan cepat.