Ini Cara Membekukan Buah Agar Bisa Awet Hingga Berbulan-Bulan Lamanya

DokterSehat.Com– Membekukan buah sepertinya memang bukan hal yang perlu dilakukan mengingat kita bisa dengan mudah mendapatkannya di supermarket terdekat. Namun, cukup banyak buah beku yang dijual ini ternyata memiliki kandungan gula atau beberapa bahan kimia yang kurang baik bagi kesehatan. Jika kita ingin merasakan nikmatnya buah beku yang sehat ini, tidak ada salahnya jika kita membekukannya sendiri, bukan? Berikut adalah tips untuk membekukan buah agar bisa awet hingga berbulan-bulan lamanya.



Raspberry dan blackberry
Setelah dicuci dengan air, keringkan buah ini dengan handuk. Setelahnya, kita bisa tempatkan buah ini pada kertas tahan bakar yang biasa digunakan untuk memanggang roti. Kita pun tinggal membekukan buah ini hingga mengeras dan kemudian tempatkan di kantung pembeku. Raspberry dan blackberry beku ini tentu akan sangat nikmat untuk dijadikan campuran oatmeal.

Blueberry
Buang semua ranting tersisa dari buah ini dan kemudian cucilah dengan air. Keringkan blueberry dengan handuk dan kemudian tempatkan pada kertas tahan bakar yang bisa digunakan untuk memanggang roti. Setelahnya kita tinggal membekukannya hingga mengeras dan kemudian tinggal disimpan pada kantung pembeku. Gunakan blueberry ini sebagai topping dari semangkuk smoothie.

Strawberry
Setelah dicuci, kita keringkan strawberry dengan handuk dan barulah kita buang semua rantingnya. Potong strawberry hingga kecil-kecil dan barulah kita tempatkan pada kertas tahan bakar yang biasa digunakan untuk memanggang roti. Bekukan strawberry hingga padat dan barulah kita tempatkan pada kantung pembeku. Kita bisa menikmati strawberry beku ini pada semangkuk Greek yoghurt.

Ceri
Buah ceri bisa kita cuci terlebih dahulu sebelum dikeringkan dengan handuk. Potong ceri menjadi dua dan kemudian kita tempatkan pada kertas tahan bakar yang biasa dipakai untuk memanggang roti. Setelah dibekukan hingga mengeras, tempatkan ceri pada kantung pembeku. Buah ceri beku ini bisa dinikmati sebagai campuran smoothie.

Pisang
Setelah dikupas, pisang bisa dipotong hingga kecil-kecil dan ditempatkan pada kertas tahan bakar yang biasa dipakai untuk memanggang roti. Bekukan pisang hingga mengeras dan barulah kita tempatkan pada kantung pembeku. Pisang beku ini bisa kita jadikan campuran es krim yang sangat lezat.

Buah peach, nektarin, plum, dan sejenisnya
Cucilah buah-buahan ini dan kemudian bisa kita keringkan. Buah-buahan ini bisa dikupas atau tidak sesuai dengan selera. Setelahnya, kita bisa memotongnya hingga kecil-kecil dan barulah kita tempatkan pada kertas tahan bakar yang biasa dipakai untuk memanggang roti. Bekukan hingga mengeras dan kemudian simpanlah pada kantung pembeku. Buah-buahan ini bisa dijadikan campuran granola.

Apel dan pir
Setelah dicuci dan dikeringkan, kita bisa memotong apel dan pir ini hingga kecil-kecil. Tempatkan potongan pir dan apel ini pada kertas tahan bakar yang biasa dipakai untuk memanggang roti dan kemudian bekukan hingga mengeras dan barulah ditempatkan pada kantung pembeku. Buah ini bisa dipotong hingga lebih kecil untuk dijadikan adonan muffin.

Melon
Potong melon dan kemudian tempatkan pada kertas tahan bakar yang biasa dipakai untuk memanggang roti. Bekukan melon hingga mengeras dan tempatkan pada kantung pembeku. Melon bisa dicampurkan dalam semangkuk smoothie.

Buah citrus layaknya jeruk atau lemon
Setelah dicuci dan dikeringkan, buang bagian kulit yang kurang baik dan potonglah dalam bentuk setengah lingkaran. Tempatkan pada kertas tahan bakar yang biasa dipakai untuk memanggang roti dan barulah kita bekukan hingga mengeras dan kemudian kita tempatkan pada kantung pembeku. Buah-buahan ini bisa kita campurkan pada daging, salad, cocktails, dan lain sebagainya.