Ini Cara Memasak Nasi yang Benar Agar Tidak Membuat Gemuk

DokterSehat.Com– Nasi putih adalah bahan makanan pokok sebagian besar masyarakat tanah air. Kebanyakan orang bahkan berpikir jika mereka belum benar-benar makan andai belum makan nasi. Tak hanya membuat kenyang dan memberikan energi bagi kita untuk melakukan berbagai aktifitas, nasi putih ternyata memiliki kadar kalori yang tinggi sehingga andai kita mengkonsumsinya dengan berlebihan, dikhawatirkan kita akan lebih mudah mengalami kegemukan.

doktersehat-nasi-putih

Setelah kita makan satu mangkuk nasi, kita bisa mendapatkan 206 kalori. Yang menjadi masalah adalah, nasi termasuk dalam makanan dengan kadar indeks glikemik yang akan membuat kadar gula dalam darah meningkat dengan cepat setelah mengkonsumsinya dan hal ini bisa membuat kita cepat menaikkan berat badan. Padahal, nasi putih adalah makanan yang sangat sulit untuk disingkirkan atau dibatasi untuk dikonsumsi sehari-hari. Apakah tidak ada cara yang bisa kita lakukan agar kita bisa tidak gemuk namun tetap bisa mengkonsumsi nasi sehari-hari?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh The College of Chemical Sciences yang berasal dari Sri Lanka berhasil menjawab pertanyaan tersebut. Dalam penelitian ini, para peneliti berhasil menemukan cara memasak nasi yang benar agar bisa menyiasati kadar kalori nasi yang tinggi sehingga kita pun tidak akan mudah menaikkan berat badan.

Sebelum memasak nasi, ada baiknya kita menambahkan satu sendok teh minyak kelapa pada air mendidih yang akan dipakai untuk memasak nasi. Setelahnya, tambahkan setengah cangkir beras dan rebuslah selama 40 menit dengan air tersebut. Setelahnya, nasi kita dinginkan selama 12 jam dan barulah kita konsumsi.

Menurut pakar kesehatan, cara memasak nasi ini bisa membuat nasi memiliki kandungan serat 10 kali lebih tinggi dari nasi yang dimasak dengan cara biasa. Nasi ini tentu akan sangat baik bagi kesehatan saluran pencernaan. Selain itu, kandungan kalori pada nasi juga akan menurun 50-60 persen sehingga kita pun tidak perlu was-was akan menaikkan berat badan andai mengkonsumsinya.