Ini Cara Malaria mengancam Nyawa Anda

DokterSehat.Com – Malaria adalah penyakit yang diakibatkan oleh infeksi parasit plasmodium, yang termasuk penyakit menular. Malaria masih menjadi masalah kesehatan masyarakat dunia, terutama pada negara-negara dengan iklim tropis seperti Indonesia. Meskipun berbagai program pemeberantasan, dan sosialisasi pencegahan malaria terus dilakukan, bukan berarti kita kemudian lengah terhadap penyakit ini.

15

Malaria disebabkan oleh gigitan nyamuk anopheles betina yang sudah terinfeksi parasit bernama plasmodium. Ada empat jenis plasmodium yang menyebabkan malaria yaitu Falciparum, Malariae, Ovale dan Vivax. Plasmodium yang sudah berada di dalam tubuh manusia kemudian berkembang, dan merusak sel-sel darah merah.

Parasit yang terus tumbuh dalam tubuh manusia dapat merusak hati, dan menginfeksi sel darah merah. Tepat di saat tersebut, malaria mulai berkembang dalam tubuh manusia. Gejala-gejala malaria terbagi menjadi dua yaitu gejala ringan seperti demam tinggi, flu, mual, mudah lelah, dan rasa nyeri pada otot tubuh.

Sementara itu untuk gejala malaria berat, dapat menyebabkan manusia mengalami kejang-kejang, dehidrasi berat, napas yang tidak teratur bahkan bisa menyebabkan koma. Gejala ini biasanya terjadi 10 hingga 15 hari setelah gigitan nyamuk malaria.

Jika dibiarkan, malaria dapat menyebabkan kerusakan organ tubuh seperti jantung, hati dan otak bahkan kematian. Meskipun hingga saat ini belum ada vaksin yang bisa membunuh penyakit ini, namun malaria bisa dicegah.