Ini Berapa Banyak ASI yang Harus Diberikan Ibu untuk Bayi

doktersehat-menyusui-kehamilan

DokterSehat.Com– ASI merupakan makanan yang dikonsumsi oleh bayi sejak baru lahir hingga tahun pertama kehidupannya.Kebutuhan gizi bayi akan dapat dipenuhi dari berapa banyak ASI yang diminum oleh bayi. Lalu kira-kira, berapa banyak ASI yang harus diberikan untuk bayi?

Berdasarkan buku Nutrition Through The Life Cycle, kebutuhan asupan gizi bayi dapat dilihat dari seberapa banyak ASI yang diproduksi oleh tubuh. Produksi ASI ibu bergantung pada banyak hal seperti asupan makanan ibu serta usia bayi.

Rata-rata banyaknya produksi ASI ibu selama masa menyusui adalah 600-800 ml setiap hari. Rentang tersebut merupakan rentang pada saat bayi baru lahir hingga bayi memasuki usia 1-2 tahun. Sehingga, apabila banyaknya produksi ASI ibu sesuai dengan kebutuhan bayi, maka akan mendukung tumbuh kembang bayi yang optimal.

Banyaknya produksi ASI ibu yang sesuai dengan kebutuhan bayi adalah:

  • 1 bulan pertama pasca melahirkan
  • Ibu memproduksi ASI sebanyak kurang lebih 600 ml/hari. ASI yang diproduksi ibu ini dapat diberikan sewaktu-waktu atau tidak perlu dijadwal. Pemberian ASI dapat diberikan 1-2 jam sekali . Lamanya waktu menyusui menyesuaikan bayi namun jika umumnya jika dalam 5-10 menit ASI yang masuk dalam tubuh bayi kurang lebih 10 ml.

  • 2-6 bulan pasca melahirkan
  • Ibu memproduksi 500-700 ml/hari, pada usia ini bayi cenderung minum dalam durasi yang lebih lama dan lebih sering. ASI yang diberikan lebih banyak dari bulan pertama karena tumbuh kembang bayi juga semakin bertambah.

  • 7-12 bulan pasca melahirkan
  • Produksi ASI pada usia ini semakin menurun menjadi 400-600 ml/hari. Umumnya kandungan gizi pada ASI juga semakin menurun. Pada usia ini bayi mulai dikenalkan dengan makanan pendamping yang sesuai.

  • Diatas usia 1 tahun
  • Sama dengan poin sebelumnya, seiring bertambahnya usia anak, produksi ASI akan semakin menurun jumlah dan kualitas gizinya. Banyaknya ASI yang diproduksi menjadi 300-500 ml/hari. Pada usia ini bayi sudah boleh dikenalkan makanan keluarga.

Banyaknya produksi ASI ibu akan mendukung kebutuhan gizi bayi. Agar ibu dapat memproduksi banyaknya ASI yang sesuai maka ibu harus memenuhi kebutuhan gizi ibu selama masa menyusui dengan baik. Sehingga agar kebutuhan ASI bayi dapat terpenuhi, kebutuhan gizi ibu harus terpenuhi dulu ya.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik