Ini Beberapa Penyebab Rambut Rontok Yang Jarang Diketahui

DokterSehat.Com – Baik pria maupun wanita tentu akan sangat resah jika rambutnya mengalami masalah kesehatan berupa rambut yang rontok. Banyak orang yang berkata jika rambut yang rontok parah bisa berujung pada masalah kebotakan yang tentu secara langsung berimbas pada penampilan seseorang. Terdapat banyak sekali penyebab masalah rambut rontok dari pola makan yang tidak benar atau bahkan karena faktor penuaan. Namun, ada beberapa penyebab rambut rontok yang cenderung jarang diketahui seperti sebagai berikut.

doktersehat-kutu-rambut-gatal

Tahukah anda jika selain menyebabkan masalah rambut beruban, stress atau tekanan mental ternyata juga bisa berimbas pada rontoknya rambut. Rambut akan cenderung jauh lebih tipis saat kita mengalami stress yang sangat berat. Padahal, adakalanya kita mengalami masalah yang sangat berat dalam waktu yang lama. Biasanya, saat tekanan mental ini berakhir, masalah kerontokan bisa menurun dan rambut kembali normal dalam jangka waktu sekitar setengah tahun.

Penyebab berikut masalah rambut rontok yang jarang diketahui adalah adanya penyakit kelenjar tiroid. Hal ini dikarenakan penyakit ini bisa terjadi karena adanya gangguan pada hormon dimana hormon tiroid bisa diproduksi terlalu banyak atau bahkan terlalu sedikit. Hal ini ternyata bisa memicu kerontokan yang sangat parah. Selain penyakit tiroid, masalah anemia atau kekurangan zat besi ternyata juga bisa memicu kerontokan rambut. Padahal, zat besi adalah salah satu asupan utama yang dibutuhkan rambut agar tetap kuat.

Beberapa penyebab lain dari kerontokan adalah penyakit trichotillomania atau kelainan psikologis yang bisa berimbas pada kecenderungan seseorang tidak bisa mengendalikan diri sendiri untuk mencabut rambutnya sendiri, bahkan penderitanya sadara bahwa hal yang ia lakukan salah, namun tidak kuasa menghentikannya. Selain rambut, area alis, bulu mata, hingga hidung juga beresiko mengalami kebotakan karena penyakit ini.