Ini Bahayanya Jika Meminum Air Terlalu Banyak Minum Saat Berolahraga

DokterSehat.Com – Sebagaimana makanan, minuman juga sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia sebagai asupan yang mendukung berbagai fungsi tubuh. Pakar kesehatan sendiri menyarankan kita untuk memenuhi kebutuhan air harian agar tidak mengalami dehidrasi. Salah satu saat dimana kita membutuhkan air cukup banyak adalah saat berolahraga karena memang pada saat inilah kita sangat mudah merasa haus. Hanya saja, ada baiknya kita tidak minum air secara berlebihan saat berolahraga karena ternyata hal ini bisa berbahaya bagi kesehatan.



Baru-baru ini, 17 pakar kesehatan dari seluruh dunia berhasil membuat pedoman minum air yang tepat yang kemudian dipublikasikan dalam jurnal berjudul Clinical Journal of Sport Medicine. Jurnal yang diperkenalkan pada khalayak pada International Exercise-Associated Hyponatremia Consensus Development Conference ini menyebutkan betapa berbahayanya konsumsi air yang berlebihan, termasuk saat berolahraga.

Saat melakukan aktifitas fisik, tubuh memang membutuhkan air minum yang lebih banyak jika dibandingkan dengan saat tubuh melakukan aktifitas yang normal. Sebagai contoh, saat kita melakukan lari marathon atau bermain sepakbola, rasa haus akan lebih sering muncul sehingga kita pun akan lebih sering minum air. Sayangnya, jika kita mengkonsumsi air minum ini terlalu banyak, maka kita akan beresiko tinggi terkena hiponatermia. Kondisi ini akan membuat ginjal kewalahan karena mendapatkan asupan air yang berlebihan sehingga tidak lagi berfungsi dengan normal. Banyaknya asupan air ini juga bisa memicu pembengkakan pada sel yang jika dibiarkan bisa menyebabkan kematian.

Lantas, seperti apakah pedoman yang tepat dalam meminum air selama berolahraga? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa dalam satu atau dua jam sebelum latihan, kita bisa meminum ½ liter air. Setelah itu, minumlah 0,3 liter air saat akan memulai latihan. Saat kita melakukan latihan fisik, minumlah 0,2 liter minuman setiap 15 menit. Jika merasa sangat haus karena cuaca yang cukup panas, maka asupan air bisa ditingkatkan, namun ada baiknya kita tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.